Dark/Light Mode

Nasib Rakyat Di Tahun Politik

Selasa, 6 Juni 2023 06:54 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Dimanakah rakyat ketika para politisi sibuk bermanuver dan “mentransaksikan” kepentingan?

Rakyat tetap beraktivitas seperti biasa. Tapi, bagi para politisi, untuk sementara, rakyat (seperti) dilupakan.

Baca juga : Bola Panas Di Merdeka Barat

“Biar kami urus kepentingan kami dulu. Setelah tahun politik, baru kami mengurus rakyat lagi,” seolah tergambar sikap seperti itu dari keriuhan jagad politik kita sekarang.

“Tahun politik” sesungguhnya lebih merujuk kepada hiruk pikuk para politisi. Menjajakan dan menawarkan ke￾pentingan kemana-mana. Sibuk sekali. Nomor satu, menjaga kepentingan masing-masing, ideologi nomor sekian.

Baca juga : DPR Minta Perpanjang Juga?

Bagi rakyat, tahun politik dan tahun non-politik, sebenarnya sama saja. Bagi rakyat, justru tahun ekonomi (yang sulit) akan lebih diingat dan dirasakan langsung, dibanding kagaduhan di tahun politik.

Itulah kenapa civil society perlu terus mengingatkan para petinggi dan pejabat untuk tetap memperhatikan rakyat. Jangan di bibir saja. Jangan hanya slogan demi meraih simpati.

Baca juga : Bukan Mencari Juara Balap Karung

Rakyat bukan hanya bumper untuk menutupi hasrat dan kepentingan pribadi atau kelompok. Rakyat harus tetap men￾jadi fokus sepanjang hari, minggu, bulan dan tahun. Tak boleh istirahat.

Itulah esensi pengabdian kepada rakyat. Harus seratus persen. Dibagi 50:50 pun jangan. Misalnya, memperhatikan rakyat, iya; korupsi dan mengambil hak rakyat, juga iya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.