Dark/Light Mode

Di Bawah Bimbingan Strategis Xi Jinping Dan Jokowi, Hubungan China-RI Maju Pesat

Selasa, 5 September 2023 16:20 WIB
PM China Li Qiang (kiri), tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten, disambut Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa (5/8/2023). (Foto: Tangkapan layar)
PM China Li Qiang (kiri), tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten, disambut Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa (5/8/2023). (Foto: Tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri (PM) China Li Qiang mengaku happy, bisa datang ke Indonesia, negara yang disebutnya sebagai Zamrud Khatulistiwa nan indah.

Li Qiang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, disambut Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. 

Dia datang atas undangan Presiden Jokowi, untuk menghadiri Pertemuan Pemimpin Kerja Sama Asia Timur dan melakukan kunjungan resmi ke negara tersebut.

"Ini adalah kunjungan pertama saya ke negara Asia, sebagai Perdana Menteri Dewan Negara China. Saya menyampaikan salam tulus dan harapan terbaik rakyat China, kepada masyarakat Indonesia," kata Li Qiang dalam keterangan resminya (5/8/2023).

Baca juga : Lewat Tebus Murah Sembako, Relawan Sintawati Galang Dukungan Di Jakarta Pusat

Li Qiang melihat, sejak awal tahun ini, Indonesia telah memainkan peran pengarah yang penting sebagai ketua ASEAN.

Mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, Indonesia telah berupaya menjalin konsensus di antara semua pihak, tetap fokus pada kerja sama praktis, serta mendorong kemajuan baru dalam pembangunan komunitas ASEAN dan kerja sama Asia Timur.

"Dengan tegas, China mendukung sentralitas ASEAN dalam kerja sama regional. Dengan tegas, China mendukung ASEAN dalam memainkan peran yang lebih besar dalam urusan internasional," tutur Li Qiang.

"Saya berharap, dapat melakukan diskusi mendalam dengan para pemimpin, mengenai isu-isu penting kerja sama regional selama pertemuan tersebut, dalam upaya memperkuat solidaritas dan kerja sama, berbagi peluang pembangunan, bersama-sama mengatasi tantangan, dan memungkinkan Asia Timur untuk terus berfungsi sebagai mesin utama pembangunan global," imbuhnya.

Baca juga : Bambang Ingatkan Peran Strategis P3E Menjaga Hutan Dan Lingkungan

Dalam beberapa tahun terakhir, di bawah bimbingan strategis Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo, Li Qiang menilai, hubungan China-Indonesia telah mengalami kemajuan pesat.

Hubungan kedua negara, telah memberikan contoh yang baik dalam upaya negara-negara berkembang, untuk mencari kekuatan melalui persatuan, menjunjung tinggi solidaritas dan kerja sama, serta bergandengan tangan untuk pembangunan bersama.

Tahun lalu, Presiden Xi dan Presiden Jokowi saling melakukan kunjungan persahabatan. Membuka babak baru dalam membangun komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama.

Dalam pertemuan Xi dan Jokowi belum lama ini di Chengdu, kedua presiden sepakat untuk mewujudkan visi komunitas China-Indonesia, dengan masa depan bersama menjadi kenyataan melalui tindakan nyata.

Baca juga : Ini Lho Tanggapan Para Dubes ASEAN Usai Diajak Jokowi Naik MRT Jakarta

"Dalam kunjungan ini, saya berharap dapat bertemu dengan Presiden Jokowi dan pemimpin Indonesia lainnya, untuk mendorong kemajuan yang lebih besar dalam kerja sama bilateral di semua bidang, dalam situasi baru ini," ujar Li Qiang.

China Mendukung

Saat ini, China sedang memajukan modernisasi di semua lini melalui pembangunan berkualitas tinggi. Sementara Indonesia, sedang mengambil langkah besar menuju Visi Emas Indonesia 2045.

Terkait hal ini, Li Qiang memastikan, China siap bekerja sama dengan Indonesia untuk menindaklanjuti pemahaman bersama yang penting dari kedua presiden, membentuk komunitas China-Indonesia yang lebih erat dengan masa depan bersama, mensinergikan upaya modernisasi melalui kerja sama strategis tingkat tinggi yang menyeluruh, dan memberikan stabilitas yang lebih besar serta momentum baru ke dalam kerja sama internasional dan regional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.