Dark/Light Mode

Menlu China Si Pendekar Serigala Dipecat Gara-gara Selingkuh, Punya Anak Di AS

Rabu, 20 September 2023 08:44 WIB
China mencopot Qin Gang dari jabatan menteri luar negeri pada Juli 2023, tujuh bulan setelah dia menjabat. (Foto Blooomberg via TOI)
China mencopot Qin Gang dari jabatan menteri luar negeri pada Juli 2023, tujuh bulan setelah dia menjabat. (Foto Blooomberg via TOI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lama tidak terdengar, mencuatlah kabar alasan Menteri Luar Negeri China Qin Gang dipecat, tujuh bulan setelah menjabat, dan digantikan Wang Yi.  Diplomat yang dikenal dengan Pendekar Serigala itu disebut telah berselingkuhan saat menjadi Duta Besar China untuk Amerika Serikat dan punya anak di sana. 

Media AS, Wall Street Journal (WSJ) mengatakan, penyelidikan kini berfokus pada apakah perselingkuhan Qin Gang telah membahayakan keamanan nasional China. 

"Pejabat senior China diberitahu bahwa penyelidikan internal Partai Komunis menemukan Qin Gang terlibat dalam perselingkuhan selama masa jabatannya sebagai Duta Besar China untuk Amerika Serikat," kata WSJ.

Baca juga : Garuda Muda Ngandang Di Surabaya, Finalnya Di Solo

Qin Gang (59) digantikan diplomat veteran Wang Yi (69) Juli lalu sebagai Menlu China setelah satu bulan absen secara misterius dari tugasnya. Qin Gang mejadi Dubes di Washington DC dari Juli 2021 hingga Januari tahun ini. WSJ mengatakan, Kementerian Luar Negeri China dan Kantor Informasi Dewan Negara tidak menanggapi pertanyaan tersebut.

Episode Qin Gang menimbulkan pertanyaan mengenai stabilitas pemerintahan Presiden Xi Jinping. Apalagi ketidakhadiran Menteri Pertahanan Li Shangfu juga tidak dapat dijelaskan di tengah laporan media bahwa dia sedang diperiksa karena korupsi.

Sumber WSJ menyebut, jajaran senior Partai Komunis tengah dipantau karena hubungan mereka dengan orang asing. Begitu juga dengan petinggi militer, tindak tanduknya tak lepas dari radar Beijing.

Perdamaian Iran-Arab Saudi

Baca juga : Donor Sperma Demi Cuan, Pria Amrik Punya 96 Anak

Hanya sedikit pejabat China yang naik pangkat diplomatik secepat Qin. Terobosan besarnya terjadi pada 2015 ketika ia diberi tugas di bagian protokol di Kementerian Luar Negeri. Enam tahun berikutnya, dia mengatur kunjungan kenegaraan para pemimpin negara ke China. Kemungkinan besar dalam pekerjaan itulah Qin Gang mendapatkan akses ke Xi. Dia difoto di samping pemimpin China itu selama pertemuan dengan Presiden Donald Trump di Beijing pada 2017.

Pada 2021, Qin dikirim ke Washington DC ketika dia belum dikenal di lingkaran diplomatik. Dia menunjukkan bakatnya dalam bidang hubungan masyarakat, merangkul budaya Amerika dengan menghadiri pertandingan bisbol dan mengendarai mobil Tesla Inc. bersama Elon Musk.

Dia juga memberikan pernyataan yang baik mengenai topik-topik hangat. Seperti alasan bahwa Beijing akan berusaha menghentikan Rusia menginvasi Ukraina jika negara tersebut mengetahui rencananya. Ia juga mengatakan, China mengecilkan risiko perang dengan Taiwan.

Baca juga : Kepala KASN Akui Penanganan Kasus Selingkuh ASN Lambat, Ini Penyebabnya

Karier Qin Gang memang cemerlang. Ia tercatat sebagai menlu termuda dalam sejarah Negeri Tirai Bambu itu. Gebrakannya sudah dinanti dengan diplomasinya yang dijuluki pendekar serigala, yaitu sikap keras, bahkan condong agresif, baik di media arus utama maupun media sosial.

Gaya komunikasinya ini berpengaruh pada cara China menempatkan diri di peta geopolitik global. Langkah itu telah dia buktikan sekitar setengah tahun menjabat. Ia sangat aktif. Salah satunya berkontribusi bagi perdamaian Arab Saudi dan Iran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.