Dark/Light Mode

Anak-anak Dan Perempuan Makin Menderita Di Bawah Taliban

Retno Ajak Dunia Bantu Afghanistan

Kamis, 21 September 2023 06:23 WIB
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. (Foto Kemlu RI)
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. (Foto Kemlu RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu) Retno Marsudi mengajak negara lain mengikuti jejak Indonesia membantu Afghanistan. Tak setuju dengan Pemerintah Taliban, bukan berarti kehilangan rasa kemanusiaan untuk warganya.

Retno menyinggung kondisi di Afghanistan di era pemerintahan Taliban pada pertemuan High-Level Event on Global Solidarity with Afghan Women and Girls di Markas Besar PBB di New York, AS, Selasa (19/9).

Baca juga : Telkom Perluas Data Center Di Kawasan Asia Indo-Pasifik

“Politik jangan sampai menghalangi solidaritas kita untuk menciptakan perdamaian dan kemakmuran di Afghanistan. Karena di atas politik, masih ada kemanusiaan (humanity),” ujar Retno, dalam pernyataannya.

Retno bilang, menunjukkan solidaritas berarti berempati dan memberikan dukungan nyata. Sebab, situasi perempuan dan anak-anak perempuan di Afghanistan sudah sangat menghawatirkan.

Baca juga : Sinar Mas Dukung Pengembangan Minyak Sawit Jadi Bahan Bakar Pesawat

“Kita semua berada di sini untuk satu tujuan, yaitu menunjukkan solidaritas kita untuk perempuan dan anak-anak perempuan Afghanistan,” ucap Menlu RI yang pernah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Belanda ini.

Retno mengatakan, Indonesia telah berkontribusi bagi Afghanistan dalam tiga hal. Pertama, bantuan kemanusiaan dalam bentuk pengiriman 10 juta dosis vaksin polio ke Afghanistan, bekerja sama dengan Organisasi PBB untuk Urusan Anak (UNICEF).

Baca juga : Prabowo Sambangi Dan Sapa Mahasiswa Indonesia Di Kampus Columbia University

Kedua, berbagi pengalaman dengan para ulama Afghanistan. Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia berbagi pengalaman dengan para ulama Afghanistan mengenai pentingnya pendidikan untuk perempuan.

“Salah satunya melalui program kunjungan ulama ke Afghanistan yang diselenggarakan Organisasi Kerja Sama Negara-negara Islam (OKI),” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.