Dark/Light Mode

Dubes Rosan: Diperlukan Kerja Kolektif Untuk Percepat Pencapaian SDGs

Selasa, 26 September 2023 08:30 WIB
Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani/Ist
Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) yang juga Wakil Menteri BUMN Rosan Perkasa Roeslani mendorong upaya kerja kolektif untuk mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Saat ini, hanya 12 persen dari target SDGs yang sesuai target,” kata Dubes Rosan saat mendampingi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menghadiri Sidang Majelis Umum PBB ke-78 di Markas PBB, New York, AS, pada 23 September 2023.

Baca juga : Peduli Kesehatan, Hamdi Dan Ketua DPD Golkar Bekasi Gelar Pengobatan Gratis

Pada kesempatan itu, Dubes Rosan juga  menghadiri sesi Menlu yang mewakili Presiden Jokowi, menyampaikan pernyataan Pemerintah Indonesia pada sidang yang dibuka Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Antonio Guterres.

“Sidang Majelis Umum PBB tahun ini mengangkat tema pentingnya menghidupkan kembali kepercayaan dan solidaritas global untuk mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” kata Dubes Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (26/9).

Baca juga : Hidayat Tekankan Kerja Sama Untuk Dongkrak Prestasi Olahraga

Disebutkan, pandangan Indonesia terkait kondisi global yakni menghentikan diskriminasi perdagangan dan memberikan kesempatan kepada negara-negara berkembang lmelakukan hilirisasi industri serta menghidupkan kembali kepercayaan dan solidaritas global, melalui warisan semangat Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955 yang dikenal dengan Bandung Spirit.

“SDGs sebagai rumusan target Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030, diadopsi  semua negara anggota PBB sejak 2015. Program ini memberikan cetak biru bersama untuk perdamaian dan kemakmuran bagi manusia, bumi saat ini dan masa depan,” jelas Dubes Rosan.

Baca juga : BNPT: Kontrol Tempat Ibadah Untuk Persempit Penyebaran Radikalisme

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) SDGs adalah pertemuan resmi PBB yang diselenggarakan setiap empat tahun pada tingkat kepala negara atau pemerintahan. Tujuannya, meninjau kemajuan dan tantangan dalam implementasi agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.