Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Lebanon

Promosi Indonesia Lewat Pencak Silat

Selasa, 1 Oktober 2019 08:51 WIB
Dubes Hajriyanto Y Thohari (tengah berjas) bersama peserta latihan pencak silat di Lembaga Pendidikan Azhar Bekaa. (Foto: KBRI Beirut).
Dubes Hajriyanto Y Thohari (tengah berjas) bersama peserta latihan pencak silat di Lembaga Pendidikan Azhar Bekaa. (Foto: KBRI Beirut).

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat ini, pencak silat tidak hanya berkembang di Indonesia saja, namun juga di berbagai daratan Eropa, Amerika, Australia dan Afrika.

Dalam rangka memperkenalkan pencak silat di Lebanon, Kedutaah Besar RI di Beirut mengadakan pelatihan pencak silat tapak suci di Lembaga Pendidikan Azhar Bekaa.

Pelatihan menghadirkan dua pelatih dari Indonesia. Ini merupakan tindak lanjut pelatihan yang sama 2018.

Baca juga : Gandeng GBC Indonesia, Sucofindo Wujudkan Green Building

Duta Besar RI Beirut Hajriyanto Y Thohari, yang berkunjung ke lokasi latihan pada Minggu (29/9), mengaku senang dengan berkembangnya silat di Lebanon.

Ia menyebut silat merupakan salah satu jembatan memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia.

Dubes Hajriyanto menekankan bahwa promosi budaya Indonesia melalui pencak silat ini merupakan hal yang positif untuk mengenalkan langsung warisan seni dan budaya Indonesia.

Baca juga : Buka Kantor Konsul Kehormatan di St.Christopher dan Nevis

“Selain itu, tentu saja dapat menjadi kegiatan olahraga demi kesehatan jasmani para peserta itu sendiri,” lanjutnya.

Selain itu, Dubes Hajriyanto juga berharap pelatihan pencak silat ini, terus dikembangkan di Bekaa, Lebanon dan sekitarnya agar seni dan budaya Indonesia makin dikenal di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum lainnya.

Ahmad Hamoudi, salah satu peserta pelatihan silat menyatakan kegembiraannya bisa mendapat kesempatan untuk mempelajari salah satu seni bela diri yang merupakan warisan leluhur budaya Indonesia.

Baca juga : DPR Sabet Penghargaan Indonesia Digital Initiative Awards 2019

“Saya sangat beruntung bisa ikut berlatih silat dari Indonesia ini, bisa mempelajari dan mempraktekan budaya Indonesia secara langsung,” tutur Hammoudi.

Program pelatihan silat ini merupakan bagian dari promosi budaya Indonesia di Lebanon yang terus diupayakan agar tetap berlangsung dan menambah antusias atau minat para pesertanya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.