Dark/Light Mode

Kakek 92 Tahun Daki Tebing Grand Canyon

Sabtu, 28 Oktober 2023 06:16 WIB
Alfredo Aliaga yang melakukan pendakian dari tebing ke tebing di Grand Canyon, utara Arizona, Amerika Serikat. (Foto Courtesy Of Julian Coiner via USAToday)
Alfredo Aliaga yang melakukan pendakian dari tebing ke tebing di Grand Canyon, utara Arizona, Amerika Serikat. (Foto Courtesy Of Julian Coiner via USAToday)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pepatah mengatakan, umur hanya sebuah angka. Tak peduli berapa umur seseorang, jika ada kemauan melakukan sesuatu, itu tidak menjadi penghalang. Seperti yang dilakukan Alfredo Aliaga (92). Ia melakukan pendakian dari tebing ke tebing di Grand Canyon, utara Arizona, Amerika Serikat.

Aliaga, diyakini sebagai orang tertua yang pernah menyelesaikan perjalanan tersebut. Selama pendakian, pria kelahiran Spanyol yang tinggal di Berlin, Jerman itu, ditemani putrinya, Anabel Aliaga-Buchenau serta menantunya, Jurgen Buchenau.

Sepasang sukarelawan juga turut menyaksikan perjalanan pendakian Aliaga sejauh 44, 448 km. Adapun total pendakiannya memakan waktu lebih dari 21 jam. Aksinya berlangsung pada 15 Oktober lalu.

Baca juga : Genap 100 Tahun, Matakin Gelar Lomba Kreatif Hingga Beri Penghargaan Tokoh

Dalam wawancara pertamanya setelah pencapaian tersebut, Aliaga mengatakan kepada USA Today bahwa menyelesaikan pendakian itu terasa luar biasa.

“Tidak ada kata terlambat untuk melakukan sesuatu yang besar, bahkan di usia 90an. Lagian ini hanya satu langkah demi satu langkah,” tuturnya.

Aliaga diyakini sebagai orang tertua yang melintasi tebing ke tebing Grand Canyon dengan berjalan kaki. Rekor dunia yang tercatat di Guinness World Records saat ini masih dipegang John Jepkema, yang berusia 91 tahun 152 hari ketika ia menyelesaikan pendakian pada Maret lalu.

Baca juga : Jelang Akhir Tahun, Garuda Tambah Frekuensi Penerbangan Internasional

Aliaga dan keluarganya berencana mengirimkan semua materi pendakiannya ke Guinness World Records. Guinness akan meninjau buktinya dalam waktu tiga hingga empat bulan mendatang.

Sebelumnya, Aliaga sudah beberapa kali mendaki Grand Canyon. Dianugerahi gelar Guinness World Records atau tidak, dia berencana mendaki Grand Canyon lagi tahun depan.

“Anda tidak bisa mengatakan, saya terlalu tua untuk melakukan sesuatu. Saya sehat dan bahagia,” pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.