Dark/Light Mode

Catatan Duta Besar Teuku Faizasyah

Nikmati Menu Warung Indonesia Di Islandia

Jumat, 3 November 2023 06:42 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Norwegia merangkap Islandia Teuku Faizasyah.
Duta Besar Indonesia untuk Norwegia merangkap Islandia Teuku Faizasyah.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kota Reykjavik terletak di belahan bumi utara, berbatasan dengan wilayah Kutub Utara (Arktik), dan di sinilah jalur aurora berada. Banyak wisatawan datang berburu fenomena alam ini. Aurora merupakan pantulan sinar yang terjadi akibat partikel matahari memasuki medan magnet bumi dan menghasilkan cahaya seperti tirai terjuntai dari langit.

Warna hijau, kadang ungu, dan merah jambu, atau kuning kadang terlihat seperti menari-nari di kegelapan malam. Kunjungan saya ke Islandia tidaklah dalam rangka mengejar aurora, tetapi untuk menyerahkan surat-surat kepercayaan (letter of credentials) ke Presiden Islandia Bapak Guoni Th. Johannesson, sebagai Duta Besar Indonesia yang baru untuk Islandia.

Baca juga : Bamsoet Dukung Peta Jalan Indonesia Emas 2045 Kadin Indonesia

Pada kesempatan yang sama, KBRI Oslo melakukan tugas kekonsuleran dengan membuka warung konsuler untuk membantu WNI, misalnya terkait dokumen perpanjangan paspor. Kami juga mengadakan acara silaturahmi dengan masyarakat Indonesia yang berjumlah 60 orang pada 17 Oktober 2023, sebagai perkenalan dan saling berbagi informasi, termasuk memperoleh informasi keberadaan warung masakan Indonesia di Kota Reykjavik.

Bidhus Iru, warung Indonesia hadir di ujung utara dunia, tepatnya di Kota Reykjavik, Islandia sejak satu tahun lalu. Memperoleh informasi ini, kami sungguh bergembira dan menjadi kejutan tersendiri selain tentunya turut berbangga.

Baca juga : BNPT Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Bentuk Sistem Deteksi Dini Radikalisme

Membuka restoran untuk mengenalkan cita rasa masakan Indonesia di luar negeri bukanlah perkara mudah. Selain diperlukan keahlian memasak yang mumpuni, tantangan yang dihadapi pun sangatlah beragam. Mulai dari modal awal yang besar, pengadaan bumbu masak secara berkesinambungan, hingga menarik minat masyarakat setempat atas cita rasa masakan etnis bangsa lain.

Islandia bukanlah negara dengan jumlah penduduk yang besar karena hanya berkisar 350 ribu orang. Namun rupanya ada nilai tambah dari negara ini yang dicermati Bapak Abdul Rojak asal Betawi, pemilik warung. Yakni banyaknya turis asing yang berkunjung ke Islandia, termasuk mereka yang melancong menggunakan kapal cruise yang banyak awak kapal bangsa Indonesia.

Baca juga : Menyoal Cukai Plastik di Tengah Persoalan Sampah

Walaupun baru setahun beroperasi, Bidhus Iru sudah mulai dikenal para pengunjung pusat jajanan makanan di salah satu sudut Kota Reykjavik tersebut. Kami dengan semangat mengunjungi warung itu untuk san￾tap siang mencicipi mie ayam bakso, nasi goreng dan kwetiau goreng. Rasa rindu akan masakan Indonesia pun terobati.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.