Dark/Light Mode

Lebih Dari 50 Ton Bantuan Kemanusiaan RI Untuk Gaza Tiba Di Mesir

Senin, 6 November 2023 16:49 WIB
Pesawat Hercules yang membawa bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Gaza tiba di Bandara El Arish, Mesir, Senin, 6 November 2023. (Foto Kemlu RI)
Pesawat Hercules yang membawa bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Gaza tiba di Bandara El Arish, Mesir, Senin, 6 November 2023. (Foto Kemlu RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Jalur Gaza telah tiba di Bandara El Arish, Mesir, pukul 8.00 waktu setempat, 6 November 2023.

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) Lalu M. Iqbal, bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina seberat 51,5 ton. Pengiriman bantuan tahap pertama dari Indonesia dibawa menggunakan tiga pesawat Hercules.

Baca juga : Indonesia Bersama Palestina

Bantuan ini terdiri dari bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza.

Pesawat Hercules yang membawa bantuan menempuh rute Jakarta-Aceh-Yangon-New Delhi-Abu Dhabi-Jeddah-Al Arish. Setelah mengantar bantuan, Hercules  persiapan kembali ke Tanah Air.

Baca juga : RI Bangun Pusat Data Nasional Di Tiga Lokasi

"Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury memimpin pengiriman bantuan kemanusiaan tersebut. Bantuan diserahkan kepada Perwakilan Bulan Sabit Mesir," imbuh Iqbal.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina, di Pangkalan TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.