Dark/Light Mode

FIFA Jakarta Office, Pusat Kemajuan Sepak Bola Di Asia Tenggara Dan Asia Timur

Minggu, 19 November 2023 10:37 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: dok. PSSI)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: dok. PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah meresmikan kantornya di Jakarta pada 10 November lalu, Organisasi Sepak Bola International (FIFA/Federation Internationale de Football Association)
langsung menunjukkan dedikasi kuat untuk mendorong transformasi sepak bola di Indonesia, serta wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur.

Inisiatif ini diwujudkan melalui ASEAN-FIFA MoU Renewal Consultation Workshop pada 15 November 2023, dan FIFA Financial Governance Workshop pada 16-17 November 2023.

Berikut penjelasan singkat mengenai workshop tersebut:

1. FIFA-ASEAN MoU Renewal Consultation Workshop.

Workshop yang digelar pada 15 November 2023 ini melibatkan Sekretaris Jenderal dan Kementerian Pemuda dan Olahraga dari negara-negara di Asia Tenggara.

Workshop yang digagas bersama dengan ASEAN Secretariat ini berfokus pada diskusi mengenai aktivitas, yang telah dilaksanakan dalam kerangka Nota Kesepahaman FIFA-ASEAN sejak 2019 hingga akhir 2024.

Baca juga : 459 Peserta Hadiri Pertikawan Regional Bali Nusa Tenggara 2023, Ini Pesan LHK

Diskusi mencakup peran dan tanggung jawab Program FIFA Football 4 School (F4S) dan perlindungan dan keamanan stadion.

Harapannya, nota kesepahaman ini akan diperbarui pada KTT ASEAN berikutnya di akhir 2024.

Terkait hal ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyampaikan apresiasi kepada FIFA dan ASEAN atas upaya luar biasa, dalam menyelenggarakan acara penting ini.

"Kolaborasi antara organisasi ini mencerminkan visi bersama untuk pertumbuhan dan pengembangan sepak bola, tak hanya sebagai olahraga, tetapi juga sebagai pendorong kerja sama regional," kata Dito.

Sementara Direktur Anggota FIFA Asia & Oseania Sanjeevan Balasingam mengatakan, tujuan utama dari acara ini adalah menciptakan sinergi yang lebih besar antara para pemangku kepentingan. "Sehingga, MoU yang diperbarui lebih berorientasi pada kebutuhan nyata, dan memiliki dampak yang lebih besar terhadap sepak bola dalam komunitas ASEAN," ucapnya.

2. FIFA Financial Governance Workshop (16-17 November 2023).

Baca juga : Relawan Mas Gibran Gelar Pembagian Sembako Di Riau, Kepri Dan Jatim

Workshop yang dihadiri Sekretaris Jenderal dan Direktur Keuangan Asosiasi Sepak Bola Negaar Anggota FIFA di Asia Tenggara dan Asia Timur, berfokus pada penguatan tata kelola keuangan dan membahas topik meliputi panduan Tata Kelola Keuangan FIFA yang baru diluncurkan, praktik perencanaan & anggaran, transfer dana, tinjauan audit pusat, serta presentasi perangkat lunak akuntansi modern dan akuntansi proyek.

Workshop ini juga menggelar pertemuan bilateral antara FIFA dan Asosiasi Sepakbola negara peserta, untuk membahas isu-isu terkini.

Dalam konteks ini, anggota Komite Eksekutif PSSI Vivin Cahyani menyampaikan apresiasinya kepada FIFA.

Menurutnya, upaya yang dilakukan FIFA adalah bukti komitmen untuk membina kredibilitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana di Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara dan Asia Timur.


Yazeen Buhari, Sekretaris Jenderal Asosiasi Sepak Bola Singapura mengatakan, FIFA selalu berperan sebagai penyelenggara untuk Asosiasi Sepakbola Negara Peserta (MAs).

"Program FIFA Forward merupakan penggerak utama pengembangan sepak bola di seluruh dunia. Karena itu, pengawasan dan tata kelola keuangan sangat penting," tuturnya.

Sementara Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memuji FIFA atas inisiatif cepatnya dalam meningkatkan standar tata kelola sepak bola di Asia, khususnya di Indonesia.

Baca juga : Kantor Pusat Perusahaan Batu Bara Di China Terbakar, 26 Orang Tewas

Erick memastikan, ada peningkatan kolaborasi antara FIFA, PSSI, dan pemerintah Indonesia, dengan tujuan transformasi sepak bola.

Untuk merayakan inisiatif-inisiatif ini, PSSI menyelenggarakan Welcoming Dinner pada 16 November 2023 di Sarinah SkyDeck, Jakarta.

Acara ini menampilkan Tarian Saman, pidato sambutan oleh Vivin Cahyani dan Sanjeevan Balasingam (Direktur Asia dan Oseania), penampilan musik oleh Andien Aisyah, dan pertunjukan khusus oleh Angklung Mang Udjo, disertai hidangan tradisional Indonesia.

FIFA terus berkomitmen mendorong perubahan positif di komunitas sepak bola di seluruh dunia, dan berharap dapat terus berkolaborasi dengan mitra-mitra di Asia Tenggara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.