Dark/Light Mode

Ogah Minum Air Putih, Derita 300 Batu Ginjal

Sabtu, 16 Desember 2023 06:52 WIB
Penampakan sekitar 300 batu ginjal yang dikeluarkan dari tubuh Xiao Yu. (Foto Oddity Central)
Penampakan sekitar 300 batu ginjal yang dikeluarkan dari tubuh Xiao Yu. (Foto Oddity Central)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seorang wanita berusia 20 tahun dari Taiwan baru-baru ini menjalani operasi untuk mengangkat sekitar 300 batu kecil dari ginjal kanannya.

Melansir Oddity Central, wanita muda tersebut diidentifikasi bernama Xiao Yu. Dia dirawat di rumah sakit di Kota Tainan awal bulan ini, setelah mengeluh sakit parah di punggung bawahnya.

Yu juga mengalami demam. Tes darahnya menunjukkan jumlah sel darah putih yang sangat tinggi.

Baca juga : Relawan Tim Hukum Merah Putih Resmi Deklarasi Prabowo-Gibran

Dokter setempat memerintahkan CT scan. Hasilnya menunjukkan, ginjal kanan Yu penuh dengan cairan dan hampir penuh dengan batu ginjal.

Hal pertama yang diakukan tim medis yakni memberi wanita muda itu antibiotik, kemudian mengeluarkan cairan dari ginjalnya. Selanjutnya, dokter melakukan operasi untuk menghilangkan ratusan batu tersebut.

Pada akhirnya, dokter mengeluarkan lebih dari 300 batu. Rata-rata batu tersebut berukuran antara 5 milimeter (mm) hingga 2 centimeter (cm).

Baca juga : Masalah Stunting Jadi Perhatian Serius Ganjar-Mahfud

Menurut Taiwan News, sebagian besar batu tersebut memiliki penampilan yang mirip dengan ‘roti kukus kecil’. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Dalam kasus ini, pasien mengaku tidak pernah minum air putih sama sekali. Yu malah mengandalkan teh manis dan jus untuk memenuhi cairan tubuhnya. Hal ini menyebabkan dia mengalami dehidrasi kronis.

Dehidrasi kronis digambarkan suatu kondisi urin menjadi lebih pekat dan mineral di dalamnya mengkristal membentuk batu. Ahli Urologi di Rumah Sakit Chi Mei di Tainan mendesak masyarakat minum air putih. Hal ini untuk memastikan tubuh dapat memproses asupan gula, garam dan kalsium dengan baik.

Baca juga : BRI Liga 1: Persita Vs Bali Unted, Adu Kuat Mental

Dokter menggunakan kasus Xiao Yu sebagai kisah peringatan tentang apa yang dapat terjadi dalam kasus dehidrasi ekstrem. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.