Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Rusia Jose Tavares, Gelar Pameran Seni Budaya

Selasa, 2 Januari 2024 06:03 WIB
Dubes Jose Tavares (ketiga kanan) depan dalam pembukaan pameran seni dan budaya di Pusat Seni Kontemporer Museum Seni Negeri Chuvash, Chebaksary, Rusia, 19 Desember 2023. (Foto KBRI Tokyo)
Dubes Jose Tavares (ketiga kanan) depan dalam pembukaan pameran seni dan budaya di Pusat Seni Kontemporer Museum Seni Negeri Chuvash, Chebaksary, Rusia, 19 Desember 2023. (Foto KBRI Tokyo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow bersama Asosiasi Kerja Sama Internasional Rusia (RAMS), serta Museum Seni Negeri Chuvash menggelar pameran seni budaya Indonesia di Pusat Seni Kontemporer Museum Seni Negeri Chuvash, Chebaksary, Rusia.

Pameran bertema “Two Countries-Loyalty to Traditions” itu digelar pada 19 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Rusia Jose Tavares berharap, pameran tersebut menjadi wadah masyarakat Indonesia dan Rusia untuk semakin saling mengenal. Apalagi kedua negara punya banyak kesamaan tradisi.

“Tradisi tampak pada keindahan kerajinan kain tenun, musik dan seni kriya masing-masing yang ditampilkan. Kita pertahankan seiring dengan perkembangan modernisasi,” kata Dubes Jose dalam keterangan tertulis, Minggu (31/12/2023).

Baca juga : Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi, Gelar Perayaan Natal Bareng Di Tokyo

Wakil Menteri Kebudayaan dan Arsip Chuvash, Tatyana Kazakova mengatakan hal senada. Menurutnya, masyarakat Rusia dan Indonesia secara geografis berjauhan, tapi memiliki semangat yang sama dalam menjaga tradisi.

“Pameran ini penting untuk membuka mata warga Chuvash terhadap kekayaan budaya Indonesia dan membawa pesan dari hati orang Indonesia ke hati warga Rusia,” ujar Kazakova.

Dia juga menyampaikan apresiasi terhadap seniman Indonesia. Sebab, telah menciptakan karya unik menggunakan alat tradisional selama lebih dari 100 tahun.

Baca juga : Dubes RI Untuk Turki Nobar Trinity Traveller Di MIKTA Film Festival

Dalam pameran tersebut, sekitar 50 karya seni budaya kedua negara dipamerkan. Rusia menampilkan berbagai lukisan kontemporer.

Ada karya pelukis Daria Karacheva, Artur Mirzoyan, Alexander, Mark dan Olga Smirnov, Vitaly Petrov, Georgy Fomiryakov, Alexey Nikolaev, Anna Bubnova, dan Irina Fedorova, serta kostum nasional Chuvash, Pakha Tere. Sementara, KBRI Moskow menampilkan berbagai koleksi kain tenun. Mulai dari Sumatera Utara, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Bali.

Dipamerkan juga seni ukiran patung dan relief kayu, wayang golek dan topeng. Acara semakin meriah dengan penampilan Tari Persembahan oleh Kirana Nusantara Dance dan Gamelan Dadali binaan KBRI Moskow.

Baca juga : Awas, Marco Simic Terancam Di Persija!

Sedangkan dalam acara pembukaan, disuguhan tari dan lagu dari grup folklor kota Chebaksary.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.