Dark/Light Mode

Di Tengah 2 Musibah Besar

Dubes Jepang: Terima Kasih Atas Dukungan Hangat Sahabat Indonesia

Rabu, 3 Januari 2024 09:20 WIB
Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masaki Yasushi (Foto: Instagram)
Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masaki Yasushi (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, Masaki Yasushi menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam, atas dukungan yang diberikan masyarakat Indonesia di tengah situasi sulit yang dihadapi negaranya.

"Kami mengucapkan terima kasih dari lubuk hati, atas dukungan yang hangat oleh para sahabat Indonesia terhadap kedua musibah, yaitu gempa bumi Semenanjung Noto Jepang Reiwa 6 pada 1 Januari 2024 dan kecelakaan pesawat di Bandara Haneda pada 2 Januari 2024," kata Dubes Masaki Yasushi melalui akun Instagram @jpnambsindonesia, Rabu (3/1/2024).

Postingan ini disambut netizen Indonesia, dengan penuh simpati. "Semoga JPN lekas pulih. Semangat," kata @yuriwa_0811.

Baca juga : Prabowo Akan Ajak Lawan Bersatu Bila Menang: Demi Bangsa Indonesia

"Turut berbelasungkawa. Semoga diberikan kekuatan dan pemulihan dari Tuhan," ujar @steve_harison.

Di tahun 2024 yang baru berjalan tiga hari, Jepang menghadapi dua musibah berat.

Senin 1 Januari 2024, wilayah tengah Jepang diguncang gempa M7,6. Tepatnya, di Prefektur Ishikawa. Gempa ini mengakibatkan 57 orang tewas, bangunan runtuh, dan jalanan retak. Serta terputusnya aliran listrik, air, dan akses telekomunikasi.

Baca juga : Peringati Hari Ibu, Pandawa Lima Rayakan Keberdayaan Perempuan Indonesia

Selang sehari, Selasa 2 Januari 2024, pesawat Japan Airlines dengan nomor penerbangan 516 tabrakan dengan pesawat penjaga pantai MA-722 di landasan pacu Bandara Haneda, Tokyo. 

Mengutip NHK, penjaga pantai itu dijadwalkan terbang ke Prefektur Niigata, untuk mengupayakan bantuan bagi korban gempa.

Dalam musibah ini, lima dari enam awak pesawat penjaga pantai dilaporkan tewas. Kapten pesawat selamat, namun luka berat. Sementara 17 penumpang Japan Airlines dari total 379 orang, dilaporkan mengalami luka-luka. Tak ada korban jiwa dari Japan Airlines.

Baca juga : Resmikan RSUD Tigaraksa, Pj Bupati: Terima Kasih Bang Zaki, Ini Luar Biasa

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.