Dark/Light Mode

Dubes Desra Percaya Dianugerahi Gelar Kehormatan Dari Universitas Durham Inggris

Sabtu, 6 Januari 2024 12:31 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Inggris, Irlandia dan IMO, Dr. Desra Percaya. (Foto: Ist)
Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Inggris, Irlandia dan IMO, Dr. Desra Percaya. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Inggris, Irlandia dan IMO, Dr. Desra Percaya mendapat gelar Honorary Degree of Doctor of Civil Law dari Durham University, Inggris.

Dari keterangan resmi universitas, gelar kehormatan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas pencapaian luar biasa Dubes Desra dalam kiprahnya di bidang diplomasi.

"Senang sekali kembali ke Durham setelah 20 tahun. Dulu saat menjadi mahasiswa PhD, begitu banyak bittersweet memories, termasuk menjadi asisten dosen, bahkan bekerja sebagai cleaner,” kenang Dubes Desra di depan para pimpinan, akademisi dan ratusan mahasiswa pada prosesi di Durham Cathedral, salah satu bangunan UNESCO World Heritage Centre, Jumat (5/1/2024).

Baca juga : Perusahaan Gelar Upacara Hormati Serangga Terbunuh

Sebagai anggota keluarga besar Durham, kata dia, penghargaan ini dedikasikan untuk terus mendorong persahabatan dan kerja sama kedua bangsa. Khususnya di bidang pendidikan yang sangat kunci.

 

Ini merupakan gelar kehormatan kedua dari kalangan akademik Inggris kepada Dubes Desra. Sebelumnya, Dubes Desra pernah diberikan gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Birmingham di 2014.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Tunisia Beri Kuliah Umum Di Universitas Carthage

Selain Dubes Desra, beberapa tokoh yang termasuk dalam daftar penerima tahun ini antara lain mantan Penasehat Keamanan Nasional Inggris Lord Darroch of Kew and St Mawes KCMG, serta Alderman City of London Alison Gowman dan penyanyi kelahiran Durham, Dame Sarah Conolly DBE.

Berdiri sejak tahun 1832, Durham University merupakan universitas tertua ketiga di Inggris dan salah satu tujuan populer mahasiswa Indonesia. 

Di tahun ini, hubungan bilateral Indonesia-Inggris memasuki usia 75 tahun. Kerja sama pendidikan adalah salah satu pilar utama kemitraan sesuai Partnership Roadmap 2022-2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.