Dark/Light Mode

Dubes Teuku Faizasyah Promosi Destinasi Wisata Di Oslo Travel Expo

Rabu, 17 Januari 2024 06:57 WIB
Dubes Teuku Faizasyah tengah bersama tim di Oslo Travel Fair, Minggu (14/1/2024). (Foto KBRI Oslo)
Dubes Teuku Faizasyah tengah bersama tim di Oslo Travel Fair, Minggu (14/1/2024). (Foto KBRI Oslo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia menjadi pusat perhatian pada Travel Expo, yang digelar di Telenor Arena, Oslo, Norwegia pada 3-14 Januari 2024. Hal ini ditandai dengan penuhnya booth Indonesia dengan para calon wisatawan negeri Skandinavia itu.

Travel Expo yang merupakan pameran pariwisata terbesar di Norwegia ini dikunjungi lebih dari 7.000 calon wisatawan. Partisipasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Oslo pada Travel Expo merupakan salah satu kegiatan utama perwakilan negara mempromosikan pariwisata Tanah Air di luar negeri.

“Melalui keikutsertaan KBRI Oslo di Travel Expo ini, kami ingin lebih meningkatkan lagi jumlah kunjungan wisatawan asal Norwegia ke Indonesia,” jelas Duta Besar Indonesia untuk Norwegia, Teuku Faizasyah dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/1/2024).

Baca juga : Sky House Alam Sutera+ Banyak Promo, Bisa Jadi Investasi Terbaik Akhir Tahun

Pada 2023, jumlah wisatawan Norwegia ke Indonesia mencapai sekitar 19 ribu orang. Angka tersebut meningkat 90 persen daripada 2022 yang hanya berjumlah 10 ribu orang.

“Angka ini adalah cerminan meningkatnya minat wisatawan Norwegia ke Indonesia yang sempat menurun karena pandemi Covid-19,” imbuh Faizasyah.

Dalam pameran itu, booth Indonesia menampilkan tema “Escape the Winter.” Tema ini diambil untuk mengambil momentum peningkatan tren liburan masyarakat Norwegia ke negara tropis pada musim dingin. Dengan suhu musim dingin yang mencapai -30 celcius, masyarakat Norwegia memilih tujuan wisata ke negara-negara yang lebih hangat.

Baca juga : Dubes Saud Purwanto Krisnawan Promosi Film Indonesia Di Afsel

Pada kesempatan itu, Indonesia memperkenalkan tujuan wisata selain Bali. Seperti Jakarta, Yogyakarta, Sumatera Barat, Lombok, Sumatera Utara, dan Sulawesi Utara.

Memeriahkan pameran, Indonesia menampilkan pertunjukan Tari Bona Jeges dari Sumatera Utara dan Tari Ondel-ondel dari Jakarta. Indonesia juga menyediakan kopi Indonesia dan permainan alat musik Gambang, yang menjadi magnet pengunjung.

Selama dua hari pameran, booth Indonesia dipadati pengunjung untuk membeli paket pariwisata Indonesia. Bahkan beberapa pengunjung yang telah mengunjungi Indonesia, ingin kembali ke Indonesia untuk mengeksplorasi tujuan wisata unik lainnya.

Baca juga : Bangga Bersua Diaspora Unggulan Di Norwegia

Berdasarkan data dari Travel Expo dan statistik Norwegia, dengan waktu libur musim panas dan dingin yang lebih dari 30 hari, wisatawan Norwegia adalah tipe turis yang memiliki periode wisata panjang (lebih dari 10 hari) dan memiliki tingkat pengeluaran wisata tinggi.

Tipe perjalanan yang digemari calon wisatawan Norwegia adalah tempat wisata yang unik dan tinggi nilai budaya, termasuk hiking dan diving. Yang paling utama, wisatawan Norwegia juga mengharapkan tujuan wisata memiliki fasilitas dan transportasi yang baik. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.