Dark/Light Mode

Bertemu Raja Malaysia, Wapres Ma`ruf Amin Bicara TKI dan Radikalisme

Selasa, 22 Oktober 2019 12:57 WIB
Raja Malaysia Sultan Abdullah bersama Ma`ruf Amin
Raja Malaysia Sultan Abdullah bersama Ma`ruf Amin

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Ma'ruf Amin, bertemu Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah Al-Mustafa Billah Shah Ibni Almarhum Sultan Haji Ahmad Shah Al-Musta'in Billah di Hotel Imperial, Tokyo, Jepang, Selasa (22/10). Mereka berada di Jepang dalam rangka menghadiri upacara penobatan Kaisar Jepang Naruhito. Dalam Twitter Kementerian Luar Negeri Malaysia,@MalaysiaMFA, pertemuan berlangsung hangat.

"Assalammua'laikum," salam Sultan Abdullah ketika memasuki ruangan yang sudah ada Ma'aruf Amin dan delegasi. Ma'aruf Amin membalas salam. Keduanya saling bersalaman erat.

Baca juga : Jadi Wapres Ke-13, Ma`ruf Amin Tak Takut Sial

Dalam pertemuan itu, dilansir Antara, Wapres Ma'ruf Amin membahas upaya untuk meningkatkan toleransi dan memerangi radikalisme hingga TKI. “Saya mengajak Malaysia untuk bersama-sama mengembangkan Islam yang damai, toleran dan rahmatan-lil-alamin; supaya kita bagaimana menangkal berkembangnya Islam radikal,” kata Wapres Ma’ruf.

Ia juga meminta Sultan Abdullah untuk memberikan perlindungan yang adil kepada seluruh tenaga kerja migran asal Indonesia di Malaysia. "Saya menitipkan tenaga kerja kita di Malaysia supaya memperoleh perlindungan dari beliau. Saya minta anak-anak kita itu dianggap anak-anak beliau saja, jadi bagaimana beliau memperlakukannya supaya Raja juga merespon dengan baik," sambungya. Wapres Ma'ruf usai pertemuan di Hotel Imperial Tokyo, Jepang.

Baca juga : Fraksi PKB: Ancaman Radikalisme Itu Nyata

Pertemuan keduanya berlangsung Selasa pagi pukul 10.00 waktu setempat di Ruang Momo, Imperial Hotel Tokyo. Turut mendampingi Wapres Ma'ruf antara lain Kepala Sekretariat Wakil Presiden (Kasetwapres) Mohamad Oemar, Menlu RI periode 2014-2019 Retno Marsudi dan Kepala Protokol Negara Andri Hadi.

Raja Malaysia Sultan Abdullah menjadi tamu kehormatan keempat yang melakukan courtesy call dengan Wapres Ma'ruf Amin sejak dilantik. Sebelumnya, usai pelantikan, Wapres Ma'ruf telah menerima kunjungan kehormatan dari Wapres China Wang Qishan, Wapres Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh dan Wapres Myanmar Henry Van Thio.

Baca juga : Kedutaan Malaysia Mau Bikin Bazar Amal untuk Umum

Usai bertemu Sultan Abdullah, Wapres Ma'ruf kembali ke kamarnya untuk bersiap menghadiri upacara penobatan Kaisar Jepang Naruhito di Imperial Palace Tokyo, Selasa siang.

Wapres dan rombongan tiba di Bandara Internasional Narita Jepang pukul 19.20 waktu setempat dan langsung menuju ke Imperial Hotel Tokyo. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.