Dark/Light Mode

Menang Mudah Di New Hampshire

Trump Siap Tarung Lagi Lawan Biden

Kamis, 25 Januari 2024 06:50 WIB
Donald Trump menyampaikan pidato kemenangan di Nashua, New Hampshire, Amerika Serikat, 23 Januari 2024. Foto: Pablo Martinez Monsivais/AP
Donald Trump menyampaikan pidato kemenangan di Nashua, New Hampshire, Amerika Serikat, 23 Januari 2024. Foto: Pablo Martinez Monsivais/AP

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menang dalam pemilihan pendahuluan (primary) di New Hampshire, Selasa (23/1/2024) waktu setempat. Keunggulan ini menguatkan posisinya untuk melawan capres dari Partai Demokrat, Joe Biden, November nanti.

Hasil primary yang dilansir CNN menunjukkan, Trump memperoleh 54,6 persen, diikuti Haley dengan 43,2 persen. Para analis menyebut, dengan kondisi ini, momen Trump menghadapi Biden makin besar. Bahkan, kans Trump melaju kembali ke Gedung Putih sangat terbuka.

“Masalah hukum Trump tidak terlalu mempengaruhi pencalonannya. Para pendukungnya yakin, dia sedang dianiaya secara politik. Makanya mereka makin mendukungnya,” ujar profesor ilmu politik di University of Iowa, Tim Hagle, dikutip AFP, Rabu (24/1/2024).

Baca juga : Trump Vs Haley Sengit Berebut Tiket Capres

Melihat hasil ini, satu-satunya saingan Trump, mantan Duta Beşar AS untuk PBB Nikki Haley, mengatakan kepada para pendukungnya di Concord, New Hampshire, pertandingan masih jauh dari selesai. Namun, Haley tak lupa mengucapkan selamatkepada Trump, dan siap bertarung. “Malam yang luar biasa, Tuhan sangat baik,” ucap Haley.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Donald Trump atas kemenangannya malam ini. Dia pantas mendapatkannya. Dan saya ingin mengakui hal itu. Anda semua telah mendengar obrolan di kalangan kelas politik yang mengatakan bahwa persaingan ini sudah berakhir. Tapi belum bagi saya,” sambungnya.

Pemilihan berikutnya adalah kaukus Nevada pada 8 Februari, dan kemenangan Trump sudah dapat dipastikan karena Haley tidak berpartisipasi. Haley akan fokus berjuang di negara bagian tanah kelahirannya, South Carolina, tempat dia terpilih dua kali sebagai gubernur.

Baca juga : Menang Mudah Di Kaukus Iowa, Trump Bersinar Lagi

Meski tertinggal puluhan poin dari Trump dalam jajak pendapat publik, namun Haley tetap optimistis. Bahkan dia ingin bertarung hingga pemilihan Super Tuesday pada 5 Maret mendatang. Dalam ajang tersebut, 16 negara bagian akan memberikan suara serentak.

Dalam sebuah pernyataan, Trump menilai, hasil penghitungan awal dalam pemilihan pendahuluan di New Hampshire tersebut menunjukkan bahwa kampanyenya untuk Pilpres AS 2024 sampai sejauh ini berjalan dengan baik.

Trump sebelumnya juga mengantongi kemenangan di kaukus Iowa. Dalam sejarah Partai Republik, tokoh yang menang di dua negara bagian tersebut selalu menerima nominasi capres.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.