Dark/Light Mode

5PC Tetap Jadi Acuan Laos

Menlu ASEAN Masih Isolasi Junta Burma

Rabu, 31 Januari 2024 06:45 WIB
Para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara ASEAN melakukan pertemuan di Luang Prabang, Laos, Senin 29/1/2024. Foto: KEMENTERIAN LUAR NEGERI RI
Para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara ASEAN melakukan pertemuan di Luang Prabang, Laos, Senin 29/1/2024. Foto: KEMENTERIAN LUAR NEGERI RI

 Sebelumnya 
Indonesia juga menyampaikan semua catatan penanganan isu Myanmar selama Keketuaan Indonesia tahun lalu ke Laos sebagai Ketua tahun ini. Para menteri memberikan dukungan terhadap upaya utusan khusus baru dari Laos, untuk mengatasi krisis yang terjadi sejak kudeta 1 Februari 2021 ini. ASEAN terus menyatakan tekadnya untuk membantu rakyat Myanmar.

Kudeta militer memicu kekacauannasional dan secara tiba-tiba mengakhiri satu dekade demokrasitentatif dan reformasi ekonomi.

Baca juga : Hasil Piala Asia: Korsel Masih Selamat, Malaysia Tamat

Utusan khusus baru dari Laos, Alounkeo Kittikhoun, telah bertemu dengan pemimpin junta saat berkunjung ke Myanmar awal bulan ini. Baik ASEAN maupun Laos belum membuat pengumuman mengenai per­jalanan tersebut dan tidak jelas apakah dia bertemu dengan kelompok anti-junta.

“Kami menegaskan kembali komitmen ASEAN untuk mem­bantu Myanmar dalam menemukan solusi damai, komprehensif, dan tahan lama terhadap krisis yang sedang berlangsung, karena Myanmar tetap menjadi bagian integral dari ASEAN,” kata Men­lu Laos, Saleumxay Kommasith, dalam pernyataannya, dilansir Reuters, Senin (29/1/2024).

Baca juga : Mardani Ali Sera di Podcast Ngegas RM: Kami Masih Gigi Dua

ASEAN telah menghadapi perselisihan internal mengenai cara mengatasi krisis ini. Semen­tara junta militer Myanmar terus berjuang memadamkan pembe­rontakan dengan segala cara.

Pemberontakan dilakukan milisi pro-demokrasi yang bersekutu dengan Pemerintah bayangan dan tentara etnis minoritas. Junta militer menyebut mereka teroris dan menolak bernegosiasi dengan para milisi.

Baca juga : TSDN 2023 Hasilkan Inovasi dan Talenta Baru

Lebih dari 2 juta orang di Myanmar telah mengungsi aki­bat konflik ini. Ketua ASE­AN sebelumnya, Indonesia, memulaiserangkaian diplomasi diam-diam untuk mendorong dialog antara pihak-pihak yang bertikai di Myanmar. Namun, beberapa analis meragukan apakah Ketua baru, Laos punya kekuatan atau kemauan untuk memajukan hal tersebut. LDU

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 31 Januari 2024 dengan judul "5PC Tetap Jadi Acuan Laos, Menlu ASEAN Masih Isolasi Junta Burma"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.