Dark/Light Mode

Presiden Ceko Ucapin Selamat Ke Prabowo

Jumat, 16 Februari 2024 06:20 WIB
Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller. Associated Press
Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller. Associated Press

 Sebelumnya 
Proses pemilu di Negeri Merah Putih memang menarik dunia internasional. Beberapa media massa internasional memberitakan proses pemilu di negara demokrasi terbesar di Asia Tenggara (ASEAN) ini.

Media asal Inggris BritishBroadcasting Corporation (BBC), Rabu (14/2/2024), secara khusus memberitakan topik Pemilu Presiden secara langsung (real time). Mulai tentang Pemilu yang berlangsung di Papua dan banjir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jawa Tengah.

Baca juga : Duh, Pelakunya Cuma Disanksi Minta Maaf

Pemberitaan saat Capres AniesBaswedan, Capres Ganjar Pranowo, dan Capres Prabowo Subianto, hingga Presiden Joko Widodo yang menyalurkan suara di TPS, juga menjadi sorotan.

Tak hanya itu, organisasi media berita terbesar di Timur Tengah, Aljazeera, juga ikut melaporkan perkembangan proses pemungutan suara di Indonesia secara langsung. Mulai dari analisa pakar mengenai demokrasi di Tanah Air, harapan pemilih untuk presiden terpilih, hingga TPS yang mempunyai dekorasi unik dan menarik.

Baca juga : Kejutan Romantis Di Hari Valentine

Di Jepang, NHK World secara khusus memasang ketiga wajah kandidat calon presiden pada halaman atas situs web pemberitaannya. NHK World melaporkan bahwa fokus Pemilu di Indonesia adalah memilih untuk melanjutkan kebijakan Presiden Joko Widodo atau mengupayakan reformasi.

Begitu juga dengan media yang melaporkan berita terkini seputar Singapura dan Asia, Channel News Asia (CNA) turut menjadikan Pemilu Indonesia sebagai salah satu fokus utama pemberitaannya. CNA melihatIndonesia, sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, untuk pertama kalinya sejak 15 tahun terakhir mengadakan pemilihan calon presiden dan wakil presiden dengan tiga kandidat.

Baca juga : Prabowo-Gibran Menang, Banteng Tetap Juara

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR, anggota DPD, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih. DAY

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Jumat, 16 Februari 2024 dengan judul "Petugas KPPS 2024 Diingatkan Jangan Lupa Makan Dan Istirahat, Masdalina Pane: Petugas KPPS Perlu Istirahat Bergantian"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.