Dark/Light Mode

Dubes Achmad Rizal Purnama Resmikan Pojok MIKTA di Perpustakaan Kepresidenan Turki

Jumat, 16 Februari 2024 06:41 WIB
Dubes Indonesia Untuk Turki Achmad Rizal Purnama (keempat kanan) berpose dengan para dubes negara MIKTA di Perpustakaan Kepresidenan Turki, di Ankara, Selasa (13/2/2024) (Foto: Dok. KBRI Ankara)
Dubes Indonesia Untuk Turki Achmad Rizal Purnama (keempat kanan) berpose dengan para dubes negara MIKTA di Perpustakaan Kepresidenan Turki, di Ankara, Selasa (13/2/2024) (Foto: Dok. KBRI Ankara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia menunjukkan eksistensinya sebagai negara anggota MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, Australia). Melalui KBRI Ankara, Indonesia menggagas pembukaan pojok MIKTA di Perpustakaan Kepresidenan Turki, Ankara, Selasa (13/2).

Pojok MIKTA merupakan ruang khusus yang menyediakan koleksi buku-buku dari negara negara MIKTA. KBRI Ankara mengkoordinasi sumbangan sekitar 100 buku dari Kedubes Kedubes MIKTA di Ankara kepada perpustakaan tersebut.

“Inisiatif Indonesia membuka pojok MIKTA disambut positif kedubes-kedubes MIKTA serta Pemerintah Turki. Ini bagian upaya membuat kehadiran MIKTA dapat dirasakan di seluruh negara anggotanya, bagi kalangan pelajar dan akademisi secara khusus, serta publik secara luas,” jelas Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Turki, Achmad Rizal Purnama usai acara serah terima buku.

Baca juga : Dubes RI Untuk Turki Achmad Rizal Purnama Hadiri Deklarasi Pemilu Damai

Indonesia saat ini menjabat sebagai Ketua MIKTA, forum kerja sama informal antara lima negara yang memiliki potensi besar di bidang ekonomi, politik, dan budaya.

MIKTA bertujuan meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antara anggotanya dalam menangani isu-isu global dan regional.

Salah satu isu yang menjadi fokus MIKTA adalah pendidikan. Dubes Korsel Yeondoo Jeong menekankan pentingnya literasi yang semakin luas bagi masyarakat Turki terhadap negara-negara anggota MIKTA.

Baca juga : Dubes Uni Eropa Sujiro Seam Berkomitmen Kerek Kemitraan Dengan ASEAN

“Kami berharap pojok MIKTA ini dapat menjadi sumber informasi dan inspirasi bagi para pembaca di Turki. Juga dapat meningkatkan hubungan pe rsahabatan dan kerja sama antara negaranegara MIKTA dan Turki,” ujar Jeong.

Peresmian pojok MIKTA dilakukan Kepala Perpustakaan Kepresidenan Turki, Ayhan Tuglu dan Dirjen Urusan Dukungan Umum dan Keuangan Kantor Kepresidenaan Turki, Mehmet Tuncer, bersama para Dubes negara-negara MIKTA.

“Kami sampaikan apresiasi atas inisiatif Indonesia mendirikan pojok MIKTA ini. Pojok ini melengkapi koleksi perpustakaan dari berbagai belahan dunia dari negara-negara sahabat. Kami berharap, pojok ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Turki,” harap Tuglu.

Baca juga : J Trust Bank Resmikan Kantor Cabang Di Tarakan Kalimantan Utara

Perpustakaan Kepresidenan Turki adalah perpustakaan terbesar dengan koleksi lebih dari 5 juta buku cetak dan 120 juta buku digital yang dipublikasikan dalam 134 bahasa. Perpustakaan ini berdiri di dalam Komplek Kepresidenan Turki di lahan seluas 125.000 meter persegi.

Perpustakaan ini diresmikan Presiden Recep Tayyip Erdogan pada 21 Februari 2020. Perpustakaan ini terbuka untuk umum, beroperasi setiap hari selama 24 jam dengan sajian gratis sup, kopi, dan teh.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.