Dark/Light Mode

Bidik Suara Anak Muda

Biden Bakal Hapus Utang Mahasiswa

Sabtu, 24 Februari 2024 07:00 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden kampanye di perpustakaan, Julian Dixon Library, di Culver City, California, Amerika Serikat, 21 Februari 2024. Foto: IRFAN KHAN/LOS ANGELES TIMES
Presiden Amerika Serikat Joe Biden kampanye di perpustakaan, Julian Dixon Library, di Culver City, California, Amerika Serikat, 21 Februari 2024. Foto: IRFAN KHAN/LOS ANGELES TIMES

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden terus berupaya mencari suara agar lebih unggul atas kandidat capres Partai Republik, Donald Trump. Salah satunya, akan menghapus pinjaman mahasiswa atau study loan. Kebijakan ini disinyalir sebagai strategi untuk menarik suara anak muda.

Kabar program penghapusan utang mahasiswa AS ini muncul di tengah upaya keras Biden menggalang suara menjelang Pilpres AS pada 5 November mendatang. Sekitar 153 ribu mahasiswa AS tercatat berutang. Total utang mereka mencapai 1,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 18,8 triliun.

Baca juga : DKI Punya Stok Beras 30 Ribu Ton Di Gudang

“Gelar perguruan tinggi masih menjadi tiket untuk kehidupan yang lebih baik. Sayangnya tiket itu terlalu mahal,” ujar Biden dalam kampanye di per­pustakaan Culver City, Califor­nia, Rabu (21/2/2024).

Dia menyebut, sangat banyak warga AS yang masih terbe­bani utang ketika mahasiswa. Bahkan, tidak dapat menikmati pendapatan karena harus mem­bayar utang pinjaman kuliah.

Baca juga : Arsenal Vs Newcastle, Meriam London Wajib Menang

Kebijakan pembatalan utang awalnya dijadwalkan akan di­lakukan pada Juli. Namun bulan lalu Pemerintah memutuskan untuk mempercepat.

“Saya senang bisa menghapus pinjaman ini karena ketika kita membebaskannya dari utang, mereka bebas mengejar impian,” kata Biden.

Baca juga : Menuju All England 2024, The Daddies Comeback

Dalam program ini, pemin­jam yang telah melunasi utang selama 10 tahun dan yang me­minjam 12 ribu dolar AS (Rp 187 juta) atau kurang, utang mereka yang tersisa akan diha­puskan. Menurut Gedung Putih, 153 ribu orang terpilih nanti akan mendapat pemberitahuan penghapusan utang mahasiswa lewat e-mail yang diteken Biden.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.