Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Spanyol Muhammad Najib: Antangin dan Kopi Curi Perhatian FITUR 2024

Sabtu, 3 Februari 2024 06:18 WIB
Dubes Indonesia untuk Spanyol Muhammad Najib. (Foto: Istimewa)
Dubes Indonesia untuk Spanyol Muhammad Najib. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia berhasil mencuri perhatian di ajang pameran pariwisata dunia, FItur (Feria Internacional de Turismo) 2024, yang digelar di Madrid, Spanyol. Indonesia tidak hanya mempromosikan keindahan alam dan bu dayanya, tapi juga menampilkan produkproduk unggulan yang bisa meningkatkan ekspor dan kesejahteraan rakyat.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Spanyol Muhammad Najib mengatakan, keikutsertaan Indonesia di FItur 2024 merupakan bagian dari komitmen Indonesia sebagai anggota Komite Eksekutif Badan Pariwisata PBB (UNWTO) periode 2023-2027. Indonesia ingin berkontribusi dalam pemulihan dan pengembangan pariwisata global yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kami juga ingin memperkuat kerja sama dengan Spanyol dan negara-negara lain dalam bidang pariwisata, termasuk dengan memanfaatkan platform digital dan inovasi teknologi,” ujar Najib dalam siaran persnya, Selasa (30/1/2024).

Salah satu daya tarik Pavilion Indonesia adalah pameran tekstil nusantara yang menggabungkan motif tradisional dengan desain modern. Pengunjung bisa melihat berbagai macam kain, seperti batik, tenun, songket dan ulos, yang dipadukan dengan busana kontemporer.

Baca juga : Dubes RI Untuk Venezuela Edy Mulyono Saksikan Penandatanganan MoU Kerja Sama Migas

Ini menunjukkan bahwa Indonesia tidak hanya kaya akan warisan budaya, tapi juga mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Pengunjung juga bisa menikmati produk herbal khas Indonesia, yaitu Antangin, yang bisa diminum dalam bentuk teh hangat. Antangin diklaim bisa meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, serta mengatasi masuk angin dan flu. Selain itu, ada juga Coffee Bar yang menyajikan kopi premium Indonesia, yang terkenal dengan aroma dan rasanya yang khas.

Najib menegaskan, tujuan Indonesia tidak hanya sekadar mempromosikan pariwisata, tapi memperkenalkan produkproduk berkualitas yang bisa menembus pasar internasional.

“Kami mendapat respons positif dari masyarakat Spanyol dan negara lain terhadap produk Antangin dan kopi Indonesia. Ini membuka peluang bagi pening katan ekspor dan kerja sama bisnis,” katanya.

Baca juga : Dubes RI Untuk Brunei Dampingi Presiden Jokowi Terima Investor Untuk IKN

Najib juga mengapresiasi peran serta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia yang turut berpartisipasi di Paviliun Indonesia. Salah satunya, Grab, yang menawarkan berbagai layanan seperti trans portasi, pesan antar makanan , barang dan kebutuhan harian, hingga finansial, yang bisa memudahkan para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia dan Asia Tenggara.

“Kami berharap, dengan adanya UMKM ini, bisa memberikan dukungan bagi upaya pariwisata berkelanjutan di negara berkembang,” tuturnya.

Paviliun Indonesia juga menyuguhkan hiburan budaya yang menarik seperti kostum karnival adat Indonesia yang dipakai oleh model cantik dan tampan. Pengunjung bisa berfoto bersama mereka dengan latar belakang pemandangan indah Indonesia. Ada juga tarian Sumatera Barat yang dibawakan oleh penari asal Venezuela yang pernah belajar seni budaya di Indonesia.

FItur 2024 berlangsung pada 2428 Januari. Selama lima hari, ada sekitar 6.600 pengunjung yang datang ke Paviliun Indonesia. Ini membuktikan bahwa Indonesia masih menjadi destinasi favorit bagi wisatawan dunia, terutama setelah pandemi Covid-19 mereda.

Baca juga : Dubes RI Untuk Qatar Sambut Dan Doakan Timnas Sukses Di Piala Asia

Pameran FItur 2024 mencetak rekor sebagai pameran pari wisata terbesar sepanjang 44 tahun penyelenggaraannya. Ada 152 negara yang ikut serta, dengan jumlah pengunjung mencapai 250 ribu orang. Yang terdiri dari 153 ribu pelaku usaha dan 97 ribu masyarakat umum.

Di pameran ini, Indonesia juga memperkenalkan lima daerah pariwisata utama selain Bali, yang disebut sebagai 5 new Bali. Kelima daerah itu adalah Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Likupang dan Mandalika. Indonesia berharap, dengan ada nya 5 New Bali ini, bisa menarik lebih banyak wisatawan asing untuk menjelajahi keindahan dan keragaman Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.