Dark/Light Mode

Dubes Indonesia untuk Portugal Rudy Alfonso Promosi Wisata RI Di Semenanjung Iberia

Rabu, 6 Maret 2024 06:39 WIB
Dubes Indonesia untuk Portugal Rudy Alfonso. (Foto: Istimewa)
Dubes Indonesia untuk Portugal Rudy Alfonso. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Lisabon, Portugal, berpartisipasi dalam pameran pariwisata di Semenanjung Iberia, TaBolsa de Turismo de Lisboa (BTL) 2024, 28 Februari 3 Maret 2024. Keikutsertaan ini merupakan upaya meningkatkan kunjungan wisatawan man canegara ke Indonesia.

Dalam pameran tersebut, KBRI Lisabon membuka booth dengan mempromosikan Bali serta lima destinasi super prioritas pariwisata Indonesia. Yakni, Candi Borobudur, Danau Toba, Likupang, Mandalika dan Labuan Bajo.

Selain itu, kelompok tari Citraloka binaan KBRI Lisabon mempersembahkan Tarian Gajak Gijik dari DKI Jakarta sebagai upaya promosi kekayaan seni dan budaya Indonesia.

Baca juga : Dubes RI Untuk Portugal Rudy Alfonso Undang Pebisnis Negara Navigator Hadiri TEI 2024

Pada ajang ini, KBRI Lisabon bekerja sama dengan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jakarta dan Dinas Pari wisata Banyuwangi.

“Keikutsertaan KBRI dalam ajang tahunan BTL merupakan langkah strategis untuk mempromosikan Indonesia sebagai top of mind destinasi wisata kepada masyarakat Eropa,” terang Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Portugal Rudy Alfonso dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/3/2024).

Dia menambahkan, antusiasme pengunjung di booth Indonesia mencerminkan minat yang kuat dari masyarakat Portugal dan sekitarnya terhadap Indonesia.

Baca juga : Dubes Jerman Untuk Indonesia Ina Lepel Peringati Hari Holocaust Sedunia

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, kunjungan wisatawan Portugal ke Indonesia pada 2023 mencapai 32.029 orang. Capaian ini menunjukkan kenaikan dari tahun-tahun sebelumnya.Pada 2021, hanya 476 orang dan pada 2022 naik menjadi 14.393 orang. Di harapkannya, jumlah wisatawan dari negaranya pesebakbola dunia, Ronaldo, akan terus naik.

Ajang ini merupakan salah satu pameran pariwisata tahunan terbesar di Semenanjung Iberia. Tahun ini diperkirakan sebanyak 63.000 orang berkunjung ke pameran yang diselenggarakan di Feira Internacional de Lisboa itu.

BTL 2024 diikuti setidaknya 75 negara. Seperti Brazil, Italia, Spanyol, Venezuela, Jepang, Yordania, Maroko, Peru, Guine Bissau, Uruguay, Vietnam dan Afrika Selatan.

Baca juga : Surveyor Indonesia Dukung PT Pegadaian Perkuat Implementasi ESG

Semenanjung Iberia terletak di barat daya Eropa dengan populasi lebih dari 57 juta orang. Kawasan yang mencakup Portugal, Spanyol, serta sebagian wilayah Prancis dan Andorra tersebut merupakan salah satu kawasan paling padat di Eropa. Sehingga potensi wisatawan serta peluang kerja sama dengan komunitas bisnis sangat besar.

“Portugal memiliki pengalaman panjang dan sukses dalam mengembangkan industri pariwisata. Melalui pertukaran pengetahuan dan keahlian, Indonesia diharapkan dapat meningkatkan daya tarik destinasi wisata sekaligus meningkatkan kualitas tenaga kerja di sektor ini,” harap Dubes Rudy.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.