Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Kamboja Santo Darmosumarto

Ikut Atasi Konflik, RI Diapresiasi Kamboja

Kamis, 28 Desember 2023 08:01 WIB
Dubes Santo Darmosumarto (kiri) berbincang bersama Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Ekonomi dan Keuangan Kamboja Aun Pormoniroth di Kementerian Ekonomi dan Keuangan, Phnom Penh, Selasa (26/12/2023). (KBRI Phnom Penh)
Dubes Santo Darmosumarto (kiri) berbincang bersama Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Ekonomi dan Keuangan Kamboja Aun Pormoniroth di Kementerian Ekonomi dan Keuangan, Phnom Penh, Selasa (26/12/2023). (KBRI Phnom Penh)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Perdana Menteri (PM) sekaligus Menteri Ekonomi dan Keuangan Kamboja Aun Pormoniroth menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia atas perannya dalam penyelesaian konflik di Kamboja serta kepemimpinan di ASEAN pada tahun ini.

Aun menyampaikan ucapan itu dalam pertemuan dengan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kamboja Santo Darmosumarto di Kementerian Ekonomi dan Keuangan, Phnom Penh, Selasa (26/12/2023).

Dalam responsnya, Dubes Santo mengatakan, kesuksesan Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 juga dibangun berlandaskan kesuksesan keketuaan Kamboja pada ASEAN pada 2022.

Baca juga : Masjid Presiden Jokowi Dibuka Buat Umum

“Kamboja justru lebih sukses karena menjalani keketuaan ASEAN di masa pasca pandemi Covid-19,” puji Dubes yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri.

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/12/2023), Santo menambahkan, Indonesia dan Kamboja saling mendukung dalam setiap kesempatan. Apalagi masih banyak ruang kerja sama yang harus dikembangkan dan diperkuat untuk dapat memanfaatkan ikatan erat kesejarahan di antara kedua negara.

 Menurutnya, para pelaku bisnis Indonesia belum banyak mengenal Kamboja dan potensipotensi yang dimilikinya. “Mengubah ikatan kesejarahan menjadi kerja sama perdagangan, investasi, pariwisata dan ikatan sosial budaya antara kedua negara harus menjadi prioritas,” sambungnya.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Swedia Senang Lihat WNI Antusias Ikuti Sosialisasi Pemilu

Untuk menguatkan jalinan ekonomi, Dubes Santo memandang penting memfasilitasi sistem pembayaran seamless atau lebih mudah lewat platform-platform yang terkoneksi, dan penerbangan langsung antara berbagai destinasi wisata utama di Kamboja dan Indonesia bagi pelaku usaha dan turis kedua negara.

Dubes Santo juga menyatakan bahwa selain ekonomi, salah satu fokus pengembangan kerja sama dalam masa jabatannya adalah hubungan antar masyarakat yang diarahkan melalui pembangunan kapasitas sumber daya manusia dan pemberian beasiswa.

“Indonesia selalu siap membantu pengembangan sumber daya manusia Kamboja. Termasuk generasi muda pegawai negeri sipil Kamboja agar dapat memiliki pemahaman mendalam mengenai Indonesia,” terangnya.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Suriname Julang Pujianto Resmikan Pusat Budaya Jawa

Pasalnya, generasi muda inilah yang pada saatnya nanti akan memiliki peran untuk menggali, memperdalam, dan menguatkan kerja sama antara kedua negara. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.