Dark/Light Mode

Nikki Haley Akhirnya Mundur

Trump-Biden Rebutan Pendukung Tambahan

Jumat, 8 Maret 2024 06:20 WIB
Donald Trump Dan Joe Biden. Foto: GETTY IMAGES/BBC
Donald Trump Dan Joe Biden. Foto: GETTY IMAGES/BBC

RM.id  Rakyat Merdeka - Nikki Haley resmi keluar dari bursa pemilihan Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Rabu (6/3/2024). Hal ini membuka jalan bagi Donald Trump, menjadi kandidat satu-satunya partai tersebut dan bertarung dengan Presiden Joe Biden dari Partai Demokrat pada Pilpres AS, 5 November 2024.

Haley mengundurkan diri sehari setelah pemilihan penda­huluan, Super Tuesday. Trump mengalahkannya dengan telak. Dari 15 Negara Bagian ditambah Samoa yang menggelar Super Tuesday (5/3), hanya di Vermont dia menang.

Baca juga : Achsanul Qosasi Kena Mental!

“Kini waktunya telah tiba untuk menghentikan kampanye saya. Saya tidak menyesal,” ujar Haley kepada para pendu­kungnya di Charleston, South Carolina seperti dikutip Reuters, Kamis (7/3/2024).

Usai memutuskan mundur, Haley memutuskan tidak men­dukung Trump (77) maupun Biden (81). Pasalnya, mantan Gubernur South Carolina itu menganggap keduanya terlalu tua untuk menjadi pemimpin negara. Haley juga tidak tertarik menjadi wakil presiden.

Baca juga : Ganjar, Sabar Ya!

Namun, dua politisi gaek itu ber­siap berebut simpati pendukung Haley. Dan, Haley menyerahkan semua keputusan ke tangan para pendukungnya. “Tergantung ke­pada mereka untuk mengambil simpati pemilih,” ujarnya.

Hampir 570 ribu pemilih tersebar di tiga Negara Bagian utama, yakni Nevada, North Carolina dan Michigan, memilih Haley dalam kontes pencalonan Partai Republik. Jumlah pe­milih yang berpotensi signifikan dalam pilpres nanti.

Baca juga : Bikin Pansus Pemilu, DPD Salip DPR

Dalam survei AP VoteCast yang dilakukan terhadap pen­dukung Haley di pemilihan pendahuluan Partai Republik di Iowa, New Hampshire dan South Carolina, antara 61 persen dan 76 persen pendukung Haley mengatakan sangat tidak puas jika Trump menjadi calon dari Partai Republik, sehingga tidak akan memilihnya pada pilpres November mendatang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.