Dark/Light Mode

Demi Genjot Hubungan Bilateral

Menlu Selandia Baru Sambangi Jakarta

Sabtu, 16 Maret 2024 06:20 WIB
Menlu Selandia Baru Winston Peters berbincang dengan Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (14/3/2024). Foto: KEDUBES SELANDIA BARU
Menlu Selandia Baru Winston Peters berbincang dengan Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (14/3/2024). Foto: KEDUBES SELANDIA BARU

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menter (PM) Christopher Luxon mengirim Menteri Luar Negeri (Menlu) Selandia Baru, Winston Peters ke Indonesia, dalam 100 hari pertama pemerintahannya. Menlu Peters mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang penting bagi Selandia Baru.

Kunjungan kali ini merupakan kelanjutan hubungan tingkat tinggi yang sudah terjalin, antara Indonesia dan Selandia Baru di bawah Pemerintahan Koalisi Selandia Baru, setelah kunjungan Wakil Presiden Ma’Aruf Amin ke Selandia Baru dan pertemuan PM Luxon dengan Presiden Joko Widodo di Melbourne bulan lalu.

“Kami berada di Jakarta di awal masa pemerintahan baru kami. Ini menunjukan pentingnya hubungan kami dengan Indonesia dan Asia Tenggara sebagai sebuah kawasan,” kata Peters dalam sebuah pernyataan pers, Kamis (14/3/2024).

Baca juga : Otak Korupsi Tukin Dipenjara 6 Tahun

Dalam kunjungannya, Peters bertemu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan Indonesia serta calon Presiden Prabowo Subianto.

“Diskusi saya dengan Menteri Luar Negeri Indonesia dan calon Presiden Indonesia saat ini mengindikasikan, kami berada di jalur tepat untuk membangun hubungan yang kuat. Kami sangat fokus menemukan cara praktis yang baru untuk bekerja sama untuk kebaikan kedua negara,” tuturnya.

Dalam pertemuan dengan Menlu Retno di Kantor Kementerian Luar Negeri, di Jakarta, kedua menteri membahas kemajuan dalam mencapai target perdagangan bilateral sebesar 4 miliar dolar Selandia Baru atau sekitar Rp 38 triliun pada akhir 2024.

Baca juga : Mahalini, Camping Bareng Iky Di Kintamani

Selain itu, kedua negara berambisi meningkatkan ekspor hortikultura dan produk halal, diversifikasi produk yang lebih luas, serta meningkatkan hubungan pendidikan dan pariwisata.

“Kami berharap bisa menandatangani perjanjian untuk saling mengakui produk halal dalam kunjungan Menteri Luar Negeri Marsudi ke Selandia Baru nanti. Perjanjian ini akan menjamin konsumen Indonesia dan eksportir produk susu dan daging Selandia Baru. Indonesia merupakan pasar penting bagi produk halal Selandia Baru,” terang Peters.

Menlu Retno mengucapkan selamat atas pengangkatan Peters sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menlu Selandia Baru. Peters menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Selandia Baru ke-13 dan Menteri Luar Negeri ke-25 sejak November 2023.

Baca juga : KPU Sudah Rekap Suara 25 Provinsi, Ganjar Masih 0 Kemenangan

Retno mengatakan, kerja sama Indonesia dan Selandia Baru semakin meningkat signifikan. Ia menekankan pentingnya kerja sama Indonesia dan Selandia Baru, yang berlandaskan rasa saling menghormati.

“Kami berupaya menciptakan hubungan baik dan kami juga mengupayakan hubungan berdasarkan rasa hormat satu sama lain, termasuk penghormatan terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah,” kata Retno dalam pidatonya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.