Dark/Light Mode

Demi Genjot Hubungan Bilateral

Menlu Selandia Baru Sambangi Jakarta

Sabtu, 16 Maret 2024 06:20 WIB
Menlu Selandia Baru Winston Peters berbincang dengan Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (14/3/2024). Foto: KEDUBES SELANDIA BARU
Menlu Selandia Baru Winston Peters berbincang dengan Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (14/3/2024). Foto: KEDUBES SELANDIA BARU

 Sebelumnya 
Kedua Pemerintah, lanjut Retno, membuat komitmen untuk memajukan kerja sama ekonomi dengan meningkatkan volume perdagangan. Karena itu, Indonesia berupaya meningkatkan produk pertaniannya, untuk memenuhi persyaratan biosekuriti Selandia Baru.

“Kami juga membahas kemajuan terkait Perjanjian Pengakuan Bersama (MRA) tentang Produk Halal. Kami telah membahas rancangan Selandia Baru dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Indonesia,” ujarnya.

Kedua Menlu juga membahas kerja sama pendidikan, kerja sama pertahanan di kawasan Indo Pasifik, perubahan iklim, mitigasi bencana, hingga pemberdayaan perempuan.

Baca juga : Otak Korupsi Tukin Dipenjara 6 Tahun

Retno mengatakan, Menteri Peters dan dirinya membahas peran kedua negara dalam berbagai isu regional dan global. Keduanya berkomitmen berkontribusi dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan, dalam konteks ASEAN. Retno dan Peters juga membahas situasi di Palestina.

“Mengingat rekam jejak Selandia Baru dalam isu hak asasi manusia, saya yakin Selandia Baru juga mempunyai keprihatinan serupa terhadap krisis kemanusiaan di Palestina,” kata Retno.

PM Luxon berencana melakukan kunjungan ke Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Retno mengapresiasi rencana kunjungan PM Selandia Baru tersebut. Retno mengatakan, PM Luxon berencana memboyong para pebisnis Selandia Baru pada kunjungannya ke Jakarta, untuk menstimulasi lebih banyak perdagangan antara kedua negara.

Baca juga : Mahalini, Camping Bareng Iky Di Kintamani

Berkaitan hasil Pemilu Indonesia, Peters mengatakan Selandia Baru akan menunggu hasil penghitungan suara resmi dari lembaga pemilihan Indonesia. Namun, pihaknya siap menjalin kerja sama dengan siapapun pemimpin Indonesia nantinya.

“Saya yakin Anda semua sudah mengetahui apa yang dimaksud (hasil) dengan perhitungan Anda dalam jajak pendapat. Namun kita selalu harus menunggu hasilnya. Sungguh luar biasa bisa berada di sini. Meski hanya sebentar, kami siap terlibat kembali (bekerja sama) dengan Pemerintah Indonesia,” ujarnya.

Terpisah, dalam pertemuan dengan Prabowo, keduanya berfokus pada hubungan Selandia Baru-Indonesia di tahun-tahun mendatang. Peters mengatakan menyambut baik kesempatan bertemu dengan Menteri Prabowo, untuk membahas penguatan Kemitraan Komprehensif, termasuk kepentingan pertahanan dan keamanan yang telah lama terjalin.

Baca juga : KPU Sudah Rekap Suara 25 Provinsi, Ganjar Masih 0 Kemenangan

Dia juga mengucapkan selamat kepada Prabowo atas keberhasilan kampanyenya dalam pemilihan umum di Indonesia. “Kami berharap dapat bekerja sama dengan baik dengan pemerintahan berikutnya,” pungkasnya. LDU

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Sabtu, 16 Maret 2024 dengan judul "Demi Genjot Hubungan Bilateral Menlu Selandia Baru Sambangi Jakarta"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.