Dark/Light Mode

Dubes Uni Emirat Abdullah Salem Obeid Al Dhaheri Buka Puasa Bareng JK & Menteri ESDM

Sabtu, 16 Maret 2024 07:24 WIB
Wapres Ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (kiri) dan Menteri ESDM Arifin Tasrif (tengah) disambut Dubes Abdulla Salem Al Dhaberi, dalam buka puasa bersama (bukber) di kediaman Dubes UEA, di Jakarta, Kamis (14/3/24). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka/RM.id)
Wapres Ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (kiri) dan Menteri ESDM Arifin Tasrif (tengah) disambut Dubes Abdulla Salem Al Dhaberi, dalam buka puasa bersama (bukber) di kediaman Dubes UEA, di Jakarta, Kamis (14/3/24). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Uni Emirat Arab (UEA) Indonesia Abdullah Salem Obeid AlDhaheri mengadakan acara buka puasa bersama pejabat Tanah Air di kediamannya, di kawasan Setiabudi, Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Turut hadir mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, dan mantan Menteri Luar Negeri Alwi Shihab.

“Indonesia negara besar, bangsa yang hebat. Ramadan menjadi momen bagi kami untuk bersilaturahmi, seperti yang anda lihat sekarang,” kata Dubes Abdullah.

Baca juga : Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Nobar Tokyo Marathon Bareng Menteri Sandi

Makanan khas Negeri Timur Tengah disuguhkan dalam jamuan malam tersebut. Ada nasi kebuli, kudapan gurih seperti shawarma, kurma, hingga kacang macadamia.

Beberapa isu nasional, regional, hingga isu internasional turut menjadi topik perbincangan antara Dubes UEA, JK dan segenap tamu yang hadir. Isu Palestina tidak luput dari pembahasan di momen berbuka sore itu.

Abdullah mengatakan, UEA telah memberikan banyak dukungan dan kerja sama kepada rakyat Palestina di Gaza. Sejauh ini, UEA sudah mengirimkan lebih dari 21 ton makanan dan perbekalan kepada rakyat Palestina.

Baca juga : Dubes Uni Emirat Arab Abdulla Salem AlDhaheri Puji Toleransi Beragama Di Indonesia

Dubes yang resmi bertugas di Indonesia pada 10 Juni 2020 tersebut menekankan, Indonesia dan UEA berharap, dunia internasional terus mendorong perdamaian di jalur Gaza.

“Kami sangat berharap komunitas internasional dapat memenuhi kewajiban mereka untuk membantu warga Palestina di saat-saat sulit,” ujarnya.

Selain membahas Palestina, di pertemuan itu dia juga membahas proyek kerja sama UEA dan Indonesia. Di antaranya, kerja sama di sektor transportasi, pangan hingga sektor energi.

Baca juga : Genjot Penggunaan Produk Dalam Negeri, Pertamina EP Raih Penghargaan Kementerian ESDM

Salah satu yang diungkap Abdullah adalah, perusahaan energi internasional, Mubadala Energy, telah menemukan energi gas alam di dekat Aceh. Menurutnya, penemuan gas alam di Aceh itu akan membantu Indonesia meningkatkan kemampuan program energi bersih.

Pada kesempatan itu, JK mengapresiasi jamuan buka puasa Dubes UEA. Ia berharap kerja sama kedua negara dapat berjalan dengan baik. “Ini kan bulan Ramadan, dalam rangka silaturahim buka puasa,” kata JK.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.