Dark/Light Mode

Gantikan Leo Varadkar

3 Rival Mundur, Simon Harris Paling Dijagokan Jadi Perdana Menteri Irlandia

Kamis, 21 Maret 2024 21:19 WIB
Simon Harris, Menteri Pendidikan Lanjutan dan Tinggi Irlandia, yang dijagokan menjadi Perdana Menteri, menggantikan Leo Varadkar. (Foto: Instagram)
Simon Harris, Menteri Pendidikan Lanjutan dan Tinggi Irlandia, yang dijagokan menjadi Perdana Menteri, menggantikan Leo Varadkar. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Simon Harris (37) mencuat sebagai kandidat kuat Perdana Menteri Irlandia, setelah Leo Varadkar (45) mengumumkan pengunduran dirinya sebagai taoiseach pada Rabu (20/3/2024).

Harris yang saat ini menjabat Menteri Pendidikan Lanjutan dan Tinggi relatif tak punya saingan setelah tiga menteri lain yang dianggap sebagai kompetitor potensial: Helen McEntee, Heather Humphreys, dan Pascal Donohoe menyatakan mundur dari pemilihan bos partai Fine Gael.  

McEntee dan Humphreys sudah terang-terangan menyatakan dukungannya, untuk memuluskan jalan Harris menuju tampuk kepemimpinan Fine Gael.

Baca juga : PDS Gelar Appreciation and Sharing Session Bagi Perusahaan Pengguna Meterai Elektronik

Nominasi calon pemimpin partai Fine Gael dibuka pada Kamis (21/3/2024) pukul 10.00 waktu setempat dan ditutup pada Senin (25/3/2024) pukul 13.00. Pemenangnya akan diumumkan pada 5 April mendatang.

Neale Richmond, Minister of State yang berasal dari Fine Gael menegaskan dukungannya untuk Harris. "Dia adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi pemimpin di partai kami," kata Richmond kepada Program TV RTE, Morning Ireland, Kamis (21/3/2024).

Richmond meyakini, terpilihnya Harris dapat melanggengkan kepemimpinan muda di Irlandia, setelah Varadkar yang dilantik menjadi taoiseach pada usia 38.

Baca juga : Ini Tanggapan Gibran Soal Permintaan Jatah Menteri Dari Golkar

Harris adalah anggota termuda Dail ke-31. Dia masuk saat masih berusia 24 tahun, dan menjadi Menteri Kesehatan pada tahun 2016. Harris ikut mengawal perubahan UU Aborsi di Irlandia, serta lockdown di masa pandemi Covid-19.

Saat mengumumkan pengunduran diri, Varadkar menyatakan siap mendukung siapa pun yang menjadi penggantinya. Varadkar yang memastikan diri untuk tetap menjadi anggota parlemen berharap, Perdana Menteri Irlandia yang baru bisa terpilih setelah Paskah. 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.