Dark/Light Mode

Dunia Kutuk Serangan Ke Konsulat Iran

Teheran Kirim Pesan Keras Ke Israel Dan AS

Rabu, 3 April 2024 06:20 WIB
Seorang petugas keamanan Kedutaan Besar Iran di Damaskus, Suriah, memantau proses evakuasi puing gedung Konsulat Iran yang diserang Israel, Senin (1/4/2024) petang. MAKDESI/ REUTERS
Seorang petugas keamanan Kedutaan Besar Iran di Damaskus, Suriah, memantau proses evakuasi puing gedung Konsulat Iran yang diserang Israel, Senin (1/4/2024) petang. MAKDESI/ REUTERS

 Sebelumnya 
Sejumlah negara mengecam serangan Israel tersebut, terma­suk Indonesia. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyampaikan kecamannya melalui akun media sosial X, Selasa (2/4/2024).

“Serangan ini adalah pelangga­ran hukum internasional dan Pia­gam PBB. Serangan ini merupakan satu dari sekian banyak aksi Israel yang meningkatkan eskalasi kon­flik dan dapat menghapus prospek perdamaian di kawasan,” bunyi pernyataan Kemlu Indonesia.

Kemlu Rusia juga menyam­paikan kecaman keras. Rusia menilai serangan Israel tidak dapat diterima. Apalagi dilaku­kan terhadap gedung diplomatik.

Baca juga : Kejagung Sita Dua Mobil Mewah Suami Sandra Dewi

“Kami sangat mengutuk serangan terhadap misi konsuler Iran di Suriah,” bunyi pernyataan Kemlu Rusia.

Moskow mendesak Pemerintah Israel untuk menghentikan tin­dakan provokatif kekerasan ber­senjata terhadap wilayah Suriah dan negara-negara tetangganya. Kemlu Yaman menyebut serangan Israel sebagai tindakan brutal.

“Israel harus memahami batas norma dan hukum. Tindakan ini sudah melewati batas tersebut,” kecam Kemlu Yaman.

Baca juga : Dipeluk Monyet Nakal

Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein menilai, serangan Israel sudah terang benderang melang­gar hukum internasional.

“Beginikah cara Israel mem­perlakukan negara yang mem­bela Palestina? Sungguh tidak tahu adab,” sindir Hussein.

Kecaman serupa juga disam­paikan Pemerintah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Yor­dania dan Pakistan. Dari benua Amerika, Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez Parilla mengingatkan bahwa aksi Israel tersebut hanya akan menambah rumit situasi di Timur Tengah.

Baca juga : Golkar Nggak Mau Rebut Kursi Ketua DPR

Menteri Luar Negeri Iran Hos­sein Amir-Abdollahian mende­sak komunitas internasional untuk memberikan hukuman kepada Israel. DAY

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Rabu, 3 April 2024 dengan judul "Dunia Kutuk Serangan Ke Konsulat Iran Teheran Kirim Pesan Keras Ke Israel Dan AS"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.