Dark/Light Mode

Hari Internasional Al-Quds Dan Solusi Palestina

Iran: Pemilu, Jangan Berunding Sama Maling

Jumat, 5 April 2024 06:30 WIB
Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Boroujerdi, saat media briefing bertema Hari Internasional Al-Quds, di kediamannya di Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024) malam. [Foto: Muhammad Rusmadi/Rakyat Merdeka/RM.id]
Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Boroujerdi, saat media briefing bertema Hari Internasional Al-Quds, di kediamannya di Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024) malam. [Foto: Muhammad Rusmadi/Rakyat Merdeka/RM.id]

 Sebelumnya 
Selain itu, ujarnya lagi, Iran mengusulkan kepada dunia internasional agar memberikan cara demokratis bagi rakyat Palestina dalam menentukan nasib mereka sebagai sebuah bangsa, melalui referendum. Bukan solusi dua negara bagi Palestina dan Israel, seperti yang selama ini dikampanyekan negara-negara Barat.

“Ketika rumah Anda dimasuki maling, tentu Anda tidak bisa begitu saja berunding dengan maling itu, untuk membagi rumah Anda kan?” cetusnya.

Baca juga : Hari Persandian dan Pentingnya Menjaga Ruang Siber

Sementara jalan referendum atau pemilu bagi rakyat Palestia, nilai Boroujerdi, adalah cara demokratis, yang selama ini bahkan diakui negara-negara Barat, bahkan dunia internasional. “Kalau itu sudah dilakukan, apapun hasilnya, semua pihak, termasuk Iran, juga tentu akan menerima,” jelasnya, kepada Rakya Merdeka & RM.id.

Sebagian jurnalis yang hadir di media briefing bertema Hari Internasional Al-Quds, di kediaman Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Boroujerdi, di Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024) malam. [Foto: Muhammad Rusmadi/Rakyat Merdeka/RM.id]

Di kesempatan yang sama, Boroujerdi juga mengapresiasi sikap tegas dan prinsip Pemerintah Indonesia, dalam mendukung Palestina dan mengecam kejahatan rezim Zionis Israel, khususnya selama enam bulan terakhir.

Baca juga : Srikandi Beringin Siap Tarung

"Yang terhormat Bapak Joko Widodo dan Ibu Retno Marsudi merupakan dua pahlawan yang berdiri di sisi yang benar dalam kondisi saat ini (konflik Israel-Palestina)," katanya.

Republik Islam Iran dan Republik Indonesia, lanjut Boroujerdi, merupakan dua negara Islam yang penting, baik secara bilateral maupun melalui forum internasional, selalu mendukung perjuangan Palestina. "Kedua negara punya prinsip yang sama terkait Palestina dan mendasarkan posisinya pada kemerdekaan penuh dan pembebasan Palestina," ujarnya. (*)

Baca juga : Please, Pemudik Jangan Lama-lama Di Rest Area

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.