Dark/Light Mode

Bahas Kunjungan Terakhir PM Lee Sebelum Lengser

Menlu Singapura Sowan Ke Jokowi

Sabtu, 27 April 2024 07:00 WIB
Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan dan Menteri Retno Marsudi dalam ‘breakfast meeting’ di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (26/4/2024). Foto: KEMLU RI
Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan dan Menteri Retno Marsudi dalam ‘breakfast meeting’ di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (26/4/2024). Foto: KEMLU RI

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebelum meletakkan jabatan, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong akan berkunjung ke Indonesia. Untuk membahas kunjungan terakhirnya tersebut, Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan sowan ke Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (26/4/2024).

Pertemuan itu berlangsung sekitar 30 menit, dari pukul 09.25 WIB sampai dengan 09.59 WIB. Menurut Menlu Retno Marsudi, pertemuan itu untuk membahas persiapan Leader’s Retreat atau pertemuan antara Presiden Jokowi dan PM Lee.

Baca juga : 113 Ribu Warga Urus Surat Pindah Domisili

Kunjungan kehormatan Men­lu Singapura ini dilakukan usai melakukan pertemuan bilateral dengan Retno di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, di hari yang sama.

“Inti pertemuan, baik dengan saya maupun kunjungan kehor­matan dengan Bapak Presiden adalah untuk persiapan kunjungan PM Singapura ke Indonesia pada Senin, 29 April dalam rang­ka Leader’s Retreat,” kata Retno, usai mendampingi pertemuan Presiden Jokowi dengan Menlu Balakrishnan, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Baca juga : Panggung Olimpiade Sudah Di Depan Mata

Retno menyebut, Indonesia-Singapura setiap tahun melaku­kan Leader’s Retreat secara ber­gantian. Tahun ini, merupakan tahun bagi Indonesia menjadi tuan rumah dalam pertemuan antar negara itu.

Dalam pertemuan, kata Retno, Menlu Singapura juga mengatakan, kunjungan PM Lee ke Indonesia merupakan satu dari kunjungan terakhir sebelum me­nyerahkan pemerintahan kepada PM yang baru, Lawrence Wong, 15 Mei nanti. Wong saat ini menjadi Wakil PM Singapura. Rencananya, Wong juga akan ikut dalam rombongan Lee ke Indonesia.

Baca juga : Laga Playoffs NBA, 76ers Tumbangkan Knicks

Dalam pertemuan bilateral itu, Indonesia dan Singapura akan membahas kilas balik 10 tahun kerja sama antara kedua negara. Serta kontinuitas kerja sama pada pemerintahan selanjutnya. “Ini menunjukkan pentingnya hubungan bilateral antara Singapura dengan Indonesia,” jelas Menlu perempuan pertama RI itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.