Dark/Light Mode

Garuda Muda Masuk Semifinal Piala Asia U-23

Panggung Olimpiade Sudah Di Depan Mata

Sabtu, 27 April 2024 06:40 WIB
Selebrasi Pemain Timnas Indonesia U-23 usai lolos ke Semifinal Piala Asia U-23. (Foto: PSSI)
Selebrasi Pemain Timnas Indonesia U-23 usai lolos ke Semifinal Piala Asia U-23. (Foto: PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lagi-lagi sejarah baru ditorehkan Tim Indonesia U-23 di ajang Piala Asia U-23 2024. Indonesia berhasil melangkah ke semifinal, setelah menaklukkan juara bertahan Korea Selatan (Korsel) melalui adu penalti 11-10, usai bermain 2-2 selama 120 menit di perempat final, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, kemarin.

Atas kemenangan tersebut, Garuda Muda berhasil meng­hentikan langkah tim berjulu­kan Taeguk Warriors selama sembilan kali berturut-turut ma­suk babak semifinal Piala Asia U-23. Korsel selalu langganan masuk semifinal dan mengikuti Olimpiade sejak tahun 1988.

Tahun 2024, langkah mereka harus terhenti dan sang Garuda Muda lah yang memecahkan rekor barunya. Di babak semifi­nal, Indonesia akan menghadapi pemenang Arab Saudi kontra Uzbekistan yang digelar tadi malam.

Baca juga : Laga Playoffs NBA, 76ers Tumbangkan Knicks

Lalu, bagaimana skema Indonesia menghadapi Olimpiade Paris 2024. Momen tersebut membuka harapan Indonesia tampil di Olimpiade untuk per­tama kalinya sejak 68 tahun.

Diketahui, empat tim yang masuk ke dalam semifinal Piala Asia U-23 tesebut tiga di antaranya akan dipastikan bisa mengikuti Olimpiade. Tiga tim tersebut adalah juara 1, 2 dan 3, lalu untuk peringkat empat akan mengikuti kualifikasi ter­lebih dahulu. Khusus peringkat empat akan kualifikasi melawan perwakilan dari Afrika.

Skemanya, jika Indonesia U-23 berhasil menjuarai Piala Asia U-23 2024, maka Garuda Muda akan berada di Grup D Olimpiade Paris 2024. Di Grup D Olimpiade Paris 2024 ini ter­dapat Paraguay, Mali dan Israel.

Baca juga : 3 Mantan Pengacara SYL Dipanggil Ke Pengadilan

Sedangkan, jika juara kedua, maka akan masuk dalam Grup C bersama Spanyol, Mesir dan Republik Dominika.

Lalu, jika juara tiga mereka akan masuk dalam Grup B yang dihuni oleh Argentina, Maroko dan Ukraina.

Sedangkan kalau juara empat Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 harus mengha­dapi Guinea negara perwakilan dari Afrika.

Baca juga : Paloh-Prabowo Sudah Rangkulan

Jika menang melawan Guinea, maka Timnas Indonesia U-23 akan masuk dalam Grup A ber­sama Perancis, Amerika Serikat dan Selandia Baru.

Untuk gelaran Olimpiade Paris 2024 ini akan dilaksanakan pada 26 Juli-11 Agustus. Pastinya, Timnas Indonesia U-23 sangat berantusias mendapatkan tiket tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.