Dark/Light Mode

Diungkap CSIS, Dinasti Politik Tumbuh Subur Di Senayan

Jumat, 26 April 2024 08:20 WIB
Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes. (Foto: Istimewa)
Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Center for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia mengungkapkan dinasti politik tumbuh subur di DPR. Kondisi ini membuat politisi muda yang tidak punya dinasti politik sulit masuk ke DPR.

Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes mengungkap terdapat 87 Caleg berusia muda yang berpotensi lolos ke Parlemen. Namun, 50 di antaranya merupakan kerabat dari elite partai politik.

“Jika dipersentasekan, 57,5 persen anggota DPR yang berusia di bawah 40 tahun memiliki hubungan dengan dinasti politik,” tulis Arya seperti dikutip Kamis (25/4/2024).

Baca juga : BRI Bukukan Laba Rp 15,98 Triliun, Cermati Perkembangan Global Dan Lebih Fokus ke Tantangan Domestik Melalui Pemberdayaan UMKM

Dinasti politik yang dimaksud hubungannya antara anak, istri, adik, suami, kakak, keponakan, dan hubungan kerabat lainnya. “Maraknya praktik dinasti politik pada Pemilu 2024 menyebabkan politisi muda kesulitan untuk menembus Senayan,” tambah Arya.

Arya lantas mengutip Data Inter-Parliamentary Union (IPU) tahun 2023. Di dalam data tersebut, jumlah anggota DPR yang berusia di bawah 40 tahun dan di bawah 45 tahun di Indonesia lebih rendah dari rata-rata global. Secara global, jumlah anggota legislatif di bawah 40 tahun sebesar 18,8 persen.

“Sementara, di Indonesia, Caleg muda yang berpotensi terpilih pada Pemilu 2024 hanya 15 persen (87 orang). Meski demikian, jumlah anggota legislatif yang berusia di bawah 30 tahun di Indonesia lebih tinggi dibandingkan rata-rata global,” ujar dia.

Baca juga : Bersama Menhut, 25 Ribu Mangrove Ditanam Di 25 Titik Seluruh Indonesia

Di tingkat global, jumlah anggota legislatif yang berusia di bawah 30 tahun sebesar 2,8 persen. Sedangkan di Indonesia, pada 2024 sebesar 3,6 persen. “Sementara, bila diambil rata-rata usia dalam enam kali pemilu, rata-rata anggota DPR terpilih berusia di bawah 40 tahun berjumlah 17,53 persen dari total anggota DPR,” sebutnya.

Sementara itu, bila dipukul rata, terdapat ratusan Caleg DPR yang akan terpilih memiliki latar belakang dinasti politik. Baik Caleg muda ataupun tua. “Ada 138 dari 580 anggota DPR yang punya latar belakang dinasti politik,” sebut Arya.

Adapun partai politik terbanyak yang Calegnya punya afiliasi dinasti politik, yakni PDIP 30 orang, Golkar 27 orang, NasDem 23 orang, Gerindra 22 orang, dan PKB 12 orang. Sedangkan hubungan dinasti politik dengan pejabat terbanyak, yakni anak 53 orang, istri 30 orang, dan adik 20 orang.

Baca juga : Zulhas Diminta Pimpin PAN Lagi

“Caleg dengan hubungan dinasti politik juga berlaku untuk caleg perempuan. Total caleg perempuan yang akan lolos, yakni 127 orang,” ungkap Arya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.