Dark/Light Mode

Bahas Kunjungan Terakhir PM Lee Sebelum Lengser

Menlu Singapura Sowan Ke Jokowi

Sabtu, 27 April 2024 07:00 WIB
Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan dan Menteri Retno Marsudi dalam ‘breakfast meeting’ di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (26/4/2024). Foto: KEMLU RI
Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan dan Menteri Retno Marsudi dalam ‘breakfast meeting’ di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (26/4/2024). Foto: KEMLU RI

 Sebelumnya 
Akan banyak hal yang dibahas. Mulai dari masalah ketahanan pangan, transisi energi, dan ten­tunya pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN). “Sudah banyak perusahaan Singapura yang menunjukkan ketertarikan untuk bekerja sama dan berinvestasi di IKN. Termasuk di bidang transisi energi, khususnya untuk tenaga matahari,” terang Retno.

Sebelum mengunjungi Jokowi, Menlu Balakrishnan juga bertemu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Air­langga Hartarto dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam jadwal terpisah, Selasa (23/4/2024).

Baca juga : 113 Ribu Warga Urus Surat Pindah Domisili

Airlangga dan Balakrishnan juga bertemu untuk membahas persiapan Leaders’ Retreat. Keduanya optimistis, hubungan ekonomi kedua negara terus terjalin kuat melalui berbagai kerja sama bilateral yang po­tensial. Antara lain energi hijau, terutama solar farm, carbon capture storage, pengembangan Batam-Bintan-Karimun, digital connectivity dan data center.

Salah satu kerja sama strategis yang ditekankan adalah pengem­bangan sumber daya manusia melalui pengembangan keterampilan, pertukaran talenta di bidang digital, serta peningkatan kapasitas bidang kesehatan.

Baca juga : Panggung Olimpiade Sudah Di Depan Mata

Dalam pertemuan dengan Menhan Prabowo, Menlu Balakrishnan membahas upaya kedua negara dalam memperkuat kerja sama pertahanan, men­jamin keamanan maritim dan peningkatan kapasitas serta ke­mampuan militer.

Selain itu, banyak potensi peningkatan kolaborasi di bidang pertahanan, termasuk industri pertahanan, operasi dan latihan militer serta pendidikan.

Baca juga : Laga Playoffs NBA, 76ers Tumbangkan Knicks

Setelah berlakunya perjan­jian Kerja Sama Pertahanan (DCA), diharapkan kerja sama pertahanan kedua negara akan meningkat signifikan dan saling menguntungkan. DAY

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Sabtu, 27 April 2024 dengan judul "Bahas Kunjungan Terakhir PM Lee Sebelum Lengser, Menlu Singapura Sowan Ke Jokowi"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.