Dark/Light Mode

Singapura Punya PM Baru

Bikin Penasaran, Relasi PM Wong Dan Probowo

Rabu, 15 Mei 2024 06:20 WIB
Presiden terpilih Prabowo Subianto dan suksesor Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 29 April 2024. (Foto: RUSMAN/ BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN)
Presiden terpilih Prabowo Subianto dan suksesor Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 29 April 2024. (Foto: RUSMAN/ BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Singapura resmi memiliki Perdana Menteri (PM) baru. Lee Hsien Loong meletakkan jabatan sebagai PM ketiga dan menyerahkannya kepada sang Wakil, Lawrence Wong, Rabu (15/5/2024).

Indonesia menyambut baik pelantikan Wong sebagai PM baru Singapura. Wong sebe­lumnya sudah diperkenalkan kepada presiden terpilih Indone­sia Prabowo Subianto, saat Lee Hsien Loong dan Presiden Joko Widodo melakukan Leader’s Retreat akhir April lalu.

Baca juga : Numpang Kencing Di Hotel Habiskan Biaya Rp 3 Juta

Pengamat menilai, kedua calon kepala negara akan lebih banyak melakukan upaya untuk menjaga hubungan Indonesia dan Singa­pura. Profesor Hukum Univer­sitas Manajemen Singapura, Eu­gene Tan mengatakan, hubungan Prabowo-Wong merupakan relasi baru dan belum teruji.

Tan mencatat, membangun ke­akraban perlu waktu, dan kedua pemimpin itu harus merasa nya­man satu sama lain. Namun dia juga menggarisbawahi, Prabowo dan Wong harus memperhatikan kekhawatiran domestik serta tekanan internasional.

Baca juga : Tengku Dewi Putri, Bongkar Deretan Simpanan Suami

“Singapura sensitif terhadap pentingnya bekerja sama secara erat dan baik dengan Indonesia, dan akan berupaya agar Indonesia selaras dalam hal ini,” ujar Tan dikutip Straits Times, Senin (13/5/2024).

Sementara Analis Senior Hubungan Internasional di Solaris Strategies Singapura, Mustafa Izzudin mengatakan, bromance (sebuah hubungan dekat non-seksual antar dua pria atau lebih) antara Wong dan Prabowo akan sangat penting dalam mengembangkan hubungan Indonesia-Singapura.

Baca juga : Kegembiraan Jemaah Haji Tiba di Tanah Suci: Dari Sujud Syukur, Nangis, Sampai Selfie di Bandara

Hubungan kedua calon kepala negara itu, lanjunya, akan berdam­pak ke stabilitas regional. Mustofa menyarankan, Prabowo dan Wong bisa mempertimbangkan untuk membangun semacam Kemitraan Strategis Komprehensif.

“Kerja sama ini untuk mem­bawa hubungan bilateral ke tingkat kerja sama yang belum pernah terjadi sebelumnya,” ujar Mustofa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.