Dark/Light Mode

Sempat Kritis Setelah 5 Kali Ditembak, Kondisi PM Slovakia Terus Membaik

Kamis, 16 Mei 2024 14:05 WIB
PM Slovakia Robert Fico (Foto: Net)
PM Slovakia Robert Fico (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kondisi Perdana Menteri Slovakia Robert Fico (59) dilaporkan terus membaik, setelah lima kali ditembak oleh seorang pria lansia di Kota Handlova, saat tengah menyapa publik usai menghadiri rapat pemerintah, Rabu (15/5/2024).

Info ini disampaikan Wakil Perdana Menteri Slovakia, Tomas Taraba. 

“Fico sudah melewati kondisi kritis. Operasinya berjalan dengan baik. Saya yakin, dia akan selamat,” kata Taraba kepada BBC, Kamis (16/5/2024).

Taraba menjelaskan, saat kejadian, Fico ditembak dari jarak yang sangat dekat. Satu peluru menembus perut, dan peluru kedua mengenai sendi.

Baca juga : Setelah 14 Tahun, Tim Uber Indonesia Akhirnya Tembus Semifinal

Terkait kasus ini, polisi telah mengamankan seorang tersangka di lokasi penembakan. Namun, belum menetapkan tersangka.

Laporan media lokal yang belum dikonfirmasi menyebutkan, pelaku adalah seorang penulis dan aktivis politik berusia 71 tahun.

Rekaman video yang viral di Slovakia memperlihatkan seorang pria lansia, yang menyatakan tidak setuju dengan kebijakan pemerintah. Namun, belum dapat dipastikan, apakah orang dalam video tersebut adalah pelaku yang ditahan di lokasi kejadian, atau kondisi saat video tersebut direkam

Reformasi Lembaga Penyiaran Publik

Penembakan terhadap Fico, terjadi pada hari parlemen membahas usulan pemerintah untuk menghapus lembaga penyiaran publik RTVS.

Baca juga : Keren, 5 Kali Djoker Jadi Atlet Terbaik Dunia

Usulan ini diprotes ribuan warga Slovakia, dalam beberapa pekan terakhir. Namun, demonstrasi yang dipimpin oposisi dibatalkan, karena adanya insiden ini. 

Wakil Perdana Menteri Taraba menyalahkan narasi palsu partai oposisi di Slovakia atas penembakan terhadap Fico.

“Beberapa kali, Perdana Menteri kami mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kejadian ini," kata Taraba dalam wawancara lain dengan program World Tonight BBC.

Menurutnya, Fico telah memperingatkan, narasi palsu dapat memanaskan reaksi masyarakat dan mengarah pada kejadian seperti itu.

Baca juga : Waketum Gerindra: Pakai Bahasa Palembang, Komunikasi Puan-Dasco Bagus Banget

Sementara Menteri Dalam Negeri Matus Sutaj Estoka menuding media berkontribusi terhadap iklim yang menyebabkan penembakan Fico. "Banyak dari Anda yang menabur kebencian ini," ujarnya dalam konferensi pers.

Estok meyakini, upaya pembunuhan ini bermotif politik.

Menanggapi berita serangan tersebut, Presiden Slovakia Zuzana Caputova mengatakan, sesuatu yang sangat serius telah terjadi, tanpa disadari. “Retorika kebencian yang kita saksikan di masyarakat, mengarah pada tindakan kebencian,” tutur Caputova.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.