Dark/Light Mode

Pura-pura Tuli Agar Tak Ditangkap Polisi

Selasa, 28 Mei 2024 06:25 WIB
Xiao (tengah), buronan pembunuhan dari Distrik Xiangcheng, Xianyang, Provinsi Hubei, China, diapit oleh dua polisi. Foto: Oddity Central.
Xiao (tengah), buronan pembunuhan dari Distrik Xiangcheng, Xianyang, Provinsi Hubei, China, diapit oleh dua polisi. Foto: Oddity Central.

RM.id  Rakyat Merdeka - Agar tak ditangkap polisi, seorang pria di China yang melakukan pembunuhan menjalani hidup dengan berpura-pura tuli dan bisu selama 20 tahun.

Pria itu bernama Xiao. Dia menjadi buronan se­telah membunuh tetang­ganya pada malam 22 Mei 2004. Selama 20 tahun, dia melarikan diri ke pegunung­an Provinsi Hubei.

Baca juga : Pancasila Sebagai Panduan Di Tengah Tantangan Globalisasi

Namun sepandai-pan­dainya pria itu bersembu­nyi, akhirnya tertangkap juga oleh kepolisian China pada April 2024. Xiao terdeteksi lewat dokumen yang disimpan polisi di Anxi. Kepolisian wilayah itu sempat menahan Xiao yang terlibat perkelahian dengan penduduk setem­pat.

Pasca perkelahian, Xiao dibebaskan tidak lama ke­mudian . Namun datanya masih diproses dan foto-fo­tonya disimpan di database nasional. Kepolisian kaget, saat membandingkan foto­-foto lama Xiao dengan foto-foto di database na­sional. Wajahnya sangat cocok dengan buronan pembunuhan 20 tahun lalu. Tim kepolisian pun dikirim untuk menyelidikinya.

Baca juga : Penampilan Timnas U-16 Semakin Meningkat

"Ketika saya melarikan diri, anak saya berusia 11 tahun, dan sekarang 20 tahun telah berlalu, saya bertanya-tanya bagaimana keadaan keluarga saya?" kata Xiao kepada polisi, dilansir Oddity Central. "Saya telah menahan berbicara selama 20 tahun , dan saya merasa seperti menjadi gila", akunya.

Xiao kemudian dikembalikan ke desa asalnya dan harus menjalani hu­kuman penjara yang telah lama ia hindari. LDU

Baca juga : Harapan Besar Kabinet Profesional

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Selasa, 28 Mei 2024 dengan judul "Pura-pura Tuli Agar Tak Ditangkap Polisi"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.