Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Norwegia Teuku Faizasyah Promosi Kuliner Lewat Indonesia Spice Up Oslo

Rabu, 29 Mei 2024 07:18 WIB
Dubes Teuku Faizasyah (keempat kiri) bersama pendukung acara Indonesia Spice Up Oslo di Norwegia, Sabtu (25/5/2024). (Foto: KBRI Oslo)
Dubes Teuku Faizasyah (keempat kiri) bersama pendukung acara Indonesia Spice Up Oslo di Norwegia, Sabtu (25/5/2024). (Foto: KBRI Oslo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertunjukan yang menampilkan kekayaan bumbu dan budaya Nusantara berhasil memeriahkan akhir pekan di Kota Oslo, Norwegia, Sabtu (25/5/2024). Berbagai jenis kuliner khas Tanah Air ditawarkan dalam festival budaya bertajuk Indonesia Spice Up Oslo 2024 yang berlangsung di lapangan Youngstorget.

Pemilihan lokasi sangat strategis membuat festival tersebut dihadiri banyak pengunjung. Dikutip keterangan tertulis Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Oslo, ada lebih dari 3.000 warga Norwegia dan diaspora Indonesia datang dan menikmati kemeriahan acara tersebut.

"Melalui festival ini, kami mengenalkan kekayaan kuliner dan seni budaya Indonesia ke Norwegia, serta mempererat hubungan antarmasyarakat," ujar Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Norwegia Teuku Faizasyah.

Baca juga : Dubes RI Untuk Ethiopia Al Busyra Basnur Puji 28 Pemuda Indonesia Bikin Buku Soal Afrika 

Menurut Dubes Faizasyah, festival ini juga melambangkan semangat persahabatan kedua negara yang merayakan 75 tahun hubungan diplomatik pada 2025.

Hal senada disampaikan Wakil Wali Kota Oslo Julianne Ofstad. Dia berharap festival ini membuat masyarakat Oslo lebih mengenal Indonesia.

"Hari ini, panca indra kita dimanjakan kekayaan makanan, tarian dan produk Indonesia," tutur Ofstad.

Baca juga : Penyaluran Bansos Tepat Sasaran, Kinerja Pos Indonesia Dipuji

Tema Festival Spice Up Oslo diambil untuk mengenalkan keragaman kuliner, budaya dan seni Indonesia kepada masyarakat Norwegia dan komunitas internasional di Oslo. Tema ini juga bagian kampanye global Indonesia Spice up The World untuk mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia ke dunia.

Dalam festival ini, Indonesia menyediakan rendang, sate Padang, nasi campur Bali, es cincau dan puluhan menu lain yang dapat dinikmati para pengunjung. Festival ini juga menghadirkan pesona seni budaya Indonesia yang dipresentasikan penari asuhan Pemda DKI Jakarta serta talenta diaspora dan komunitas Indonesia di Norwegia, seperti tarian Rythim of Batavia dan Kembang Nandak Jakarta, Tari Saman dari Aceh, Sekar Jagad dan Tenun dari Bali, Pencak Silat dan line dance dengan musik Indonesia Timur.

Spice Up Oslo 2024 diselenggarakan KBRI Oslo bekerja sama dengan Komunitas Indonesia di Norwegia. Festival ini terselenggara atas dukungan Pemda DKI Jakarta dan Bank Indonesia, serta kontribusi dari PT Indofood, Turkish Airlines, Den Gulden Bynne, Scanesia AS dan the Indonesia Norway Society.

Baca juga : Dubes Uni Eropa Denis Chaibi Potong Kue Bareng Hadi Dan Sandiaga Di Europe Day

Sebagai bagian dari rangkaian festival, pada 24 Mei lalu telah diselenggarakan business meeting dengan tema Indonesia’s Economic Outlook: Post National Election 2024 yang dihadiri sejumlah instansi dan pengusaha Norwegia. Kegiatan tersebut menghadirkan Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida Budiman sebagai pembicara utama.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.