Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Inggris Desra Percaya Live Di Instagram Bareng Dubes Irlandia

Kamis, 6 Juni 2024 06:36 WIB
Dubes Desra Percaya bersama Dubes Irlandia Padraig Francis live di Instagram, Senin (3/6/2024). (Foto: Screen shot IG)
Dubes Desra Percaya bersama Dubes Irlandia Padraig Francis live di Instagram, Senin (3/6/2024). (Foto: Screen shot IG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Inggris merangkap Irlandia Desra Percaya bersama Dubes Irlandia untuk Indonesia Padraig Francis live di Instagram merayakan 40 tahun  hubungan diplomatik Indonesia- Irlandia, Senin (3/6/2024). Ke­dua Dubes melakukan diskusi yang hangat untuk memajukan kerja sama kedua negara.

Dubes Desra berada Trinity College di Dublin, Irlandia, saat live berlangsung. Menurutnya, kampus tersebut merupakan salah satu tempat favorit tujuan belajar para pelajar Indonesia. Sedangkan Dubes Francis berada di Jakarta. “Selamat datang Pak Padraig Francis, terima kasih sudah datang ke IG live. Saya juga mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Simon Harris,” kata Dubes Desra membuka percakapannya dengan Dubes Francis.

“Saya juga mendoakan Pre­siden Irlandia Michael Higgins agar sehat selalu,” sambung Dubes Desra yang mengenakan batik hijau, kompak dengan lawan bicaranya. Warna hijau itu identik dengan warna Irlandia.

Lebih lanjut, Desra juga mengapresiasi komitmen Irlandia untuk menjalankan kerja sama dengan Indonesia dalam segala aspek.

Baca juga : All Eyes On Papua Viral Di Instagram, Kapolda Papua Bilang Begini

Mantan juru bicara Kementerian Luar Negeri itu juga menekan pentingnya diplomasi lewat musik, yang tidak terbatas ruang dan waktu.

Ia mengingatkan audiens bahwa Irlandia merupakan negara yang terkenal melahirkan beberapa musisi top dunia. Sebut saja The Corrs, Westlife hingga U2.  

Dubes Francis menyambut baik undangan live IG tersebut. Tiga tahun bertugas di Jakarta, ia merasa senang sekali mendapatkan kesempatan untuk mengenal masyarakat Indonesia.

“Dua negara kita memang berjauhan, namun hubungan kita semakin kuat setiap waktunya. Ini sudah 40 tahun sejak kita menjalin hubungan diplomatik,” katanya, saat live di Instagram resmi Kedutaan Besar Irlandia @irlandiaindonesia.

Baca juga : Dubes Australia Untuk Indonesia Penny Williams Ajak Sandiaga Uno Nobar Film Blueback

Dubes Irlandia juga senang dengan logo peringatan hubungan diplomatik kedua negara yang mencakup hal-hal yang menjadi simbol kedua negara. Live IG bersama ini juga dijadikan momentum untuk meluncurkan logo peringatan 40 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Irlandia.

Logo bertuliskan 40 tahun itu menggunakan warna hijau dan merah, yang merepresentasikan warna nasional Indonesia dan Irlandia. 

Masjid Istiqlal, Candi Borobudur, alat musik angklung, hingga hewan komodo merepresentasikan Indonesia di angka empat (4). Sedangkan daun semanggi, kastil, pohon ek, hingga alat musik harpa merepresentasikan Irlandia di ang­ka nol (0). Design logo hubungan diplomatik ke-40 Indonesia dan Irlandia dibuat seniman Anya Gracia. 

“Kita mempunyai logo resmi untuk menandai hubungan ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Desra yang telah mengadakan acara ini, untuk meluncurkan logo resmi peri­ngatan 40 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Irlandia,” katanya dalam bahasa Indonesia.

Baca juga : Kemenhub Berikan Pelayanan Prima Penerbangan Haji Di Bandara Hang Nadim

Dubes Irlandia fasih berbahasa Indonesia. Menurut Francis, saat bekerja dan tinggal di suatu negara asing, dia harus bisa berbicara dalam bahasa ibu negara itu. 

“Saya pikir Bahasa Indonesia tidak terlalu sulit,” kata Dubes Francis.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.