Dark/Light Mode

Pesawat Militer Yang Ditumpangi Wapres Malawi Diduga Jatuh Di Hutan

Selasa, 11 Juni 2024 17:12 WIB
Wapres Malawi Saulos Chilima (Foto: Instagram)
Wapres Malawi Saulos Chilima (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pesawat yang ditumpangi Wakil Presiden (Wapres) Malawi Saulos Chilima (51) dan sembilan orang lainnya, diyakini jatuh di hutan di wilayah utara tersebut. Info ini disampaikan pejabat militer senior Malawi.

Pesawat militer yang juga mengangkut mantan Ibu Negara Shanil Dzimbiri dilaporkan hilang dari pantauan radar, setelah meninggalkan Ibu Kota Lilongwe, Senin (10/6/2024) pukul 10 pagi waktu setempat, dalam kondisi cuaca buruk.

Saat kejadian, Chilima sedang dalam perjalanan mewakili pemerintah, untuk menghadiri pemakaman mantan menteri Ralph Kasambara, yang meninggal empat hari lalu.

Baca juga : Pesawat Yang Mengangkut Wapres Malawi Saulos Chilima Hilang Dari Pantauan Radar

"Tentara kami telah berupaya maksimal menemukan pesawat tersebut di Hutan Chikangawa. Namun, kabut mengurangi jarak pandang, sehingga mempersulit upaya pencarian,” kata Komandan Angkatan Pertahanan Malawi, Paul Valentino Phiri dalam konferensi pers, seperti dikutip BBC, Selasa (11/6/2024).

Sebelumnya, Presiden Malawi Lazarus Chakwera mengatakan, pihaknya akan mengoptimalkan misi pencarian, sampai pesawat ditemukan.

"Kita semua ketakutan dan prihatin. Saya juga prihatin,” ujarnya pada Senin (10/6/2024) malam.

Baca juga : Pak Bas Nggak Bisa Jawab

"Tapi saya ingin meyakinkan Anda, bahwa saya tidak akan menyia-nyiakan sumber daya yang kita punya, untuk menemukan pesawat itu. Saya memegang teguh harapan bahwa kita akan menemukan korban dalam kondisi selamat,” imbuhnya.

Chakwera mengaku telah menghubungi pemerintah berbagai negara - termasuk AS, Inggris, Norwegia dan Israel - yang  menawarkan dukungan dalam kapasitas berbeda, untuk membantu menemukan pesawat tersebut.

Chakwera dan Chilima adalah Presiden dan Wakil presiden yang berasal dari partai berbeda. Namun, keduanya bekerja sama membentuk aliansi pada Pemilu 2020.

Baca juga : Senator Jakarta Minta Dana Abadi Budaya Betawi Diatur Perda

Chilima telah menjabat Wapres Malawi sejak 2014. AFP menyebut, ayah dua anak itu sangat dicintai di Malawi, khususnya di kalangan pemuda.

Tahun 2022, Chilima ditangkap dan didakwa atas tuduhan menerima uang, sebagai imbalan atas pemberian kontrak pemerintah.

Namun, bulan lalu, pengadilan membatalkan dakwaan tersebut, tanpa memberikan alasan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.