Dark/Light Mode

55 Siswa Program KL-Yes Tiba Di Tanah Air

Welcome Duta Bangsa Warga AS Dan Indonesia

Kamis, 13 Juni 2024 06:20 WIB
Para siswa pertukaran pelajar program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study berpose bersama setelah kembali ke Tanah Air, di Jakarta, Senin (10/6/2024). Foto: LARASATI DYAH UTAMI/RAKYAT MERDEKA/RM.ID
Para siswa pertukaran pelajar program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study berpose bersama setelah kembali ke Tanah Air, di Jakarta, Senin (10/6/2024). Foto: LARASATI DYAH UTAMI/RAKYAT MERDEKA/RM.ID

 Sebelumnya 
Para siswa peserta program KL-YES diseleksi secara ber­tahap oleh Yayasan Bina Antar­budaya, AFS USA, serta Dewan Amerika untuk Pendidikan Inter­nasional (American Councils for International Education). Dari 12.000 pendaftar pada 2023, hanya terpilih 55 orang yang berhasil berangkat mengikuti program ini pada 2023-2024.

Para siswa ditempatkan di seko­lah yang tersebar di Negara-negara Bagian di Amerika Serikat dan tinggal bersama orang tua angkat (host family). Para siswa juga melakukan kegiatan sosial bersama masyarakat di lingkungan rumah, sekolah, atau tempat ibadah di AS.

Baca juga : SYL Ketahuan Beli Aset Pinjam Nama Saudaranya

Dua di antara siswa yang berha­sil lolos program ini adalah Miftah Farid (18) dari chapter Pontianak dan Ababil Putri Firdausi (17) dari chapter Palembang. Miftah di­tempatkan di El Paso City, Texas, AS dan Ababil ditempatkan di Alaska, AS. Keduanya mengaku bersyukur bisa mendapatkan pengalaman bersekolah di sekolah umum AS selama 10 bulan, atau satu tahun ajaran AS.

Miftah mengatakan, sistem pendidikan di AS yang unik membuat dia dapat belajar hal-hal yang belum pernah ia terima selama menjadi siswa di Indonesia. Saat ‘moving class’, dia bisa memilih kelas yang mempelajari ilmu yang belum per­nah dipelajari sebelumnya.

Baca juga : Ashanty, Kaget Dihujat

“Kita punya pilihan kelas. Kita bisa memilih kelas apa saja yang kita inginkan. Saya berusaha semaksimal mungkin pilih kelas-kelas yang belum pernah saya dapatkan di Indonesia. Kelas teater, kelas periklanan, kelas media sosial, dan kelas kuliner,” ujarnya. LDU

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Kamis, 13 Juni 2024 dengan judul "55 Siswa Program KL-Yes Tiba Di Tanah Air, Welcome Duta Bangsa Warga AS Dan Indonesia"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.