Dark/Light Mode

Putin Kunjungi Korut, AS Mencak-mencak

Rabu, 19 Juni 2024 06:20 WIB
Kim Jong Un (kiri) dan Vladimir Putin. Foto: BBC
Kim Jong Un (kiri) dan Vladimir Putin. Foto: BBC

 Sebelumnya 
Rusia telah berupaya keras untuk mempublikasikan kebangkitan hubungannya dengan Korut sejak dimulainya perang di Ukraina, sehingga memicu kekhawatiran di kalangan Amerika Serikat dan sekutunya di Eropa dan Asia.

Washington juga menuding, Korut telah memasok senjata ke Rusia untuk membantu mereka berperang di Ukraina, meskipun Pyongyang telah berulang kali membantahnya.

Baca juga : Penetapan Tersangka Tunggu Hasil Audit Kerugian Negara

Pemantau PBB menyimpulkan bahwa setidaknya satu rudal balistik yang ditembakkan dari Rusia ke sebuah kota di Ukraina pada Januari adalah buatan Korut. Para pejabat Ukraina mengatakan, mereka menghitung ada sekitar 50 rudal yang dikirim ke Rusia oleh Korut.

“Daftar negara yang bersedia menyambut Putin lebih sedikit dari sebelumnya, tetapi bagi Kim Jong Un, kunjungan ini adalah sebuah kemenangan,” ujar profesor di Universitas Ewha di Seoul, Leif-Eric Easley dikutip Reuters, Selasa (18/6/2024).

Baca juga : Aurelie Moeremans, Pacari Bule Tampan

Dia mengatakan, pertemuan ini tidak hanya meningkatkan status Korut di antara negara-negara yang menentang tatanan internasional yang dipimpin AS, namun juga membantu memperkuat legitimasi dalam negeri Kim.

Wakil Menteri Luar Negeri Korsel Kim Hong-kyun, membahas rencana kunjungan Putin ke Korut melalui panggilan telepon darurat dengan Wakil Menteri Luar Negeri AS Kurt Campbell pada Jumat (14/6/2024).

Baca juga : 4 Bulan Lagi Kabinet Selesai, Para Menteri Kompak Dan Solid

Rusia mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Korut dan mengembangkan hubungan sesuai pilihannya dan tidak akan diberitahu apa yang harus dilakukan oleh negara mana pun, apalagi AS. DAY

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Rabu, 19 Juni 2024 dengan judul "Putin Kunjungi Korut, AS Mencak-mencak"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.