Dark/Light Mode
BREAKINGNEWS
Haji 2024 Dinilai Sukses, JMM Puji Pelayanan Maksimal PPIH Di Puncak Armuzna
Rabu, 19 Juni 2024 18:19 WIB
RM.id Rakyat Merdeka - Jaringan Muslim Madani (JMM) memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) 2024. Pasalnya, pelayanan yang diberikan kepada jemaah haji Indonesia, mulai dari pemondokan, transportasi, konsumsi, kesehatan, hingga layanan khusus lansia dan disabilitas kali ini dinilai cukup maksimal.
Direktur Eksekutif JMM, Syukron Jamal, menyatakan bahwa indikator kesuksesan penyelenggaraan haji 2024 terlihat jelas dari kelancaran proses puncak haji di Armuzna yakni Arafah, Muzdalifah, Mina.
Menurutnya, fase krusial ini berhasil dilalui dengan baik berkat pelayanan yang matang dan terorganisir. Sehingga jemaah haji asal Indonesia bisa menjalankan ibadah yakni wukuf, mabit dan melempar jumrah dengan lancar.
Baca juga : Skotlandia Vs Swiss, Murat Yakin Makin Yakin
Ia mengaku melihat langsung di lapangan bagaimana manajemen pelayanan berjalan dengan sangat baik selama puncak haji Armuzna.
"Manajemen pelayanan berjalan baik dan matang seperti skema murur di Muzdalifah hingga arus pergerakan Jemaah ke Jamarot dengan pelayanan maksimal petugas haji," ujar Syukron di Mina, Mekah, Rabu (19/6).
Ia juga menilai skema murur di Muzdalifah hingga pergerakan jemaah ke Jamarot berjalan lancar dengan dukungan petugas haji yang maksimal.
Baca juga : Top! Bandara Hang Nadim Berikan Pelayanan Maksimal Bagi Jemaah Haji
Berkat pelayanan maksimal tersebut, kekhawatiran banyak pihak terkait risiko keselamatan jemaah haji Indonesia berhasil diatasi. Syukron menegaskan bahwa tahun ini tidak terjadi hal-hal yang dikhawatirkan sebelumnya.
"Pelayanan yang maksimal berhasil meminimalisir dan mengatasi masalah-masalah krusial seperti kelelahan, kehilangan, dan tersesatnya jemaah. Respon cepat dan tanggap PPIH, terutama petugas haji di lapangan, patut diacungi jempol," tutur Syukron.
Terkait layanan pemondokan di Mina over load yang banyak disoroti oleh segelintir pihak, JMM menilai kenyataan di lapangan tidak semua terjadi. Sehingga tidak bisa digeneralisir.
Baca juga : Sehari Jelang Lebaran, Menkes Cek Pos Pelayanan Kesehatan Pelabuhan Ciwandan
"Saya sendiri menginap hingga nafar tsani, dan kondisi secara umum baik. Pemondokan tidak bermasalah, makanan berlimpah. Antrean di kamar mandi memang terjadi pada waktu-waktu tertentu, tapi tidak berlangsung lama dan tidak menimbulkan masalah besar," jelasnya.
Syukron menyarankan agar masyarakat bisa bertanya langsung kepada jemaah haji yang merasakan sendiri pelayanan tersebut untuk mengetahui fakta di lapangan. "Silakan bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," tegasnya.
JMM berharap kesuksesan penyelenggaraan haji 2024 dapat dipertahankan dan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang. Agar jemaah haji Indonesia dapat terus terlayani dengan baik dalam menjalankan ibadah di tanah suci dan bisa meraih haji yang mabrur.
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Tags :
Berita Lainnya