Dark/Light Mode

Bromance Makin Jadi, Kim Jong Un Dapat Hadiah Limousine Aurus Lagi Dari Putin

Rabu, 19 Juni 2024 22:52 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) menyopiri Pemimpin Korut Kim Jong Un. Mereka berdua naik Limousine Aurus. (Foto: Yonhap)
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) menyopiri Pemimpin Korut Kim Jong Un. Mereka berdua naik Limousine Aurus. (Foto: Yonhap)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Korea Utara (Korut) dan keakraban yang dipamerkan bersama Pemimpin Korut Kim Jong Un, menunjukkan semakin solidnya hubungan pemimpin kedua negara. Istilah zaman sekarang: bromance Putin-Kim makin jadi.

Putin yang disambut dengan pelukan hangat di Bandara Pyongyang oleh Kim, kembali menghadiahi sedan mewah Rusia, Limousine Aurus untuk sang pemimpin Korea Utara dalam pertemuan puncak di Pyongyang, Rabu (19/6/2024).

 

Pemimpin Korut Kim Jong Un (kanan) menyalami Presiden Rusia Vladimir Putin, saat tiba di Bandara Sunan, Pyongyang, Korut, Rabu (19/6/2024). (Foto: Rodong Sinmun)


Ini adalah kado Limousine Aurus kedua Putin untuk Kim. Februari 2024, Putin menghadiahi Kim Limousine Aurus Senat, setelah bersama-sama mengunjungi Pusat Antariksa Rusia, Kosmodrom Vostochny.

Baca juga : Rayakan HUT Ke-52, Hipmi Dapat Kado Istimewa Dari Presiden Jokowi

Aurus Senat yang bergaya retro seperti Limousine ZIL era Soviet, adalah mobil resmi Kepresidenan Rusia. Saat kembali dilantik menjadi Presiden pada Mei 2024, Putin naik Aurus Senat.

Memberikan kendaraan sebagai hadiah kepada Kim, disebut sebagai pelanggaran terhadap sanksi Dewan Keamanan PBB yang melarang pasokan, penjualan, dan pengiriman barang-barang mewah ke Korea Utara, berdasarkan Resolusi 2397 yang diadopsi pada Desember 2017.

Sopiri Kim

Istimewanya lagi, Putin dan Kim juga saling menyopiri Limousine Aurus dalam pertemuan di bulan Juni ini. Keduanya berkendara satu putaran, untuk menandai akhir pembicaraan mereka. Meninggalkan Istana Geumsusan.

Dalam video yang dirilis TV pemerintah Rusia, seorang pria yang mengenakan sarung tangan putih, terlihat membukakan pintu untuk Kim dan bergegas menahan pintu untuk Putin.

Baca juga : Gerindra Dapat Energi Baru Di Pilgub Sumut

 

Presiden Rusia Vladimir Putin bersiap menaiki sedan Limousine Aurus bersama Pemimpin Korut Kim Jong Un, Rabu (19/6/2024). (Foto: AP/Yonhap)


Setelahnya, Putin dan Kim terlihat jalan berdampingan dan saling berbincang, menyusuri jalan setapak di kawasan hutan. Didampingi seorang pria, yang sepertinya pengawal.

Kim yang dikenal sangat menyukai kendaraan mewah, memiliki banyak koleksi merek asing seperti Limousine Maybach, aneka tipe Mercedes, Rolls-Royce Phantom, dan kendaraan sport Lexus beredar luas.

Kado Lain 

Melansir TASS, Putin juga menghadiahi Kim aneka kado lain. Seperti tea set, art craft, dan pisau belati. "Presiden Putin juga menerima tanda mata yang bagus dari Kim," kata Staf Kremlin, Yuri Ushakov, Rabu (19/6/2024).

Baca juga : Israel Larang Konsulat Spanyol Di Yerusalem Layani Warga Palestina

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.