Dark/Light Mode

Dubes RI Zuhairi Misrawi Gelar Hari Kebudayaan Indonesia-Tunisia

Kamis, 20 Juni 2024 07:16 WIB
Dubes Zuhairi Misrawi (pakai peci) dalam pameran lukisan di KBRI Tunisia, Sabtu (15/6/2024). (Foto: Dok. Kedutaan Besar Tunisia)
Dubes Zuhairi Misrawi (pakai peci) dalam pameran lukisan di KBRI Tunisia, Sabtu (15/6/2024). (Foto: Dok. Kedutaan Besar Tunisia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan  Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tunisia menggelar Hari Kebudayaan Indonesia-Tunisia di Ruang Pancasila, Tunisia, Sabtu (15/6/2024).

Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama dengan Himpunan Budayawan Phoenix, Tunisia, ini diikuti para sastrawan, wartawan dan seniman dari berbagai penjuru Tunisia.

“Ini kesempatan melihat budaya Indonesia dan Tunisia di satu kesempatan yang sama. Kita bisa saling melihat keindahan budaya lintas negara,” terang Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Tunisia Zuhairi Misrawi dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/6/2024).

Baca juga : Dubes RI Untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin Bangga Pameran Indonesia Sukses Di NICF 2024

Menurutnya, diplomasi kebudayaan merupakan salah satu program unggulan Indonesia dalam rangka mengenalkan dan merekatkan kerja sama kebudayaan.

“Kami percaya kebudayaan berfungsi mewujudkan persatuan kebangsaan dan kerja sama bilateral antara negara,” ujarnya.

Karena itu, KBRI di Tunisia mempunyai prioritas dalam menjadikan kebudayaan sebagai jembatan kerja sama bilateral dengan Pemerintah Tunisia.

Baca juga : Angkatan Puisi Esai, Era Baru Sastra Indonesia

“Kami juga menjadikan KBRI sebagai rumah kebudayaan, sehingga berfungsi mengenalkan kebudayaan Nusantara,” kata Dubes Zuhairi.

Dubes Zuhairi pun berterima kasih atas kerja sama Perhimpunan Phoenix Tunisia, yang di dalamnya terdapat pemikir, filsuf, budayawan dan seniman.

“Kami sangat terbuka untuk memperkuat kerja sama bilateral dalam bidang kebudayaan,” katanya.

Baca juga : Dubes RI Untuk Australia Siswo Pramono Gelar Indonesia Day Di Sekolah Bahasa

Dubes Zuhairi menambahkan, kebudayaan merupakan fondasi penting dalam membangun peradaban bangsa dan diplomasi antar-negara.

Di acara Hari Kebudayaan Indonesia-Tunisia itu, para undangan bisa melihat berbagai lukisan, foto dan karya tulis mengenai kebudayaan dan sejarah Indonesia serta Tunisia. Acara diskusi mengenai kebudayaan pun diikuti para tamu dengan antusias.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.