Dark/Light Mode

Dubes Iwan Bogananta Dukung Perjanjian Dagang Alat Kesehatan Nasional Ke Bulgaria

Rabu, 26 Juni 2024 08:07 WIB
Dubes RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta (keempat kanan) usai menyaksikan secara langsung penandatangan perjanjian kerja sama perdagangan alat kesehatan produk Indonesia. (Foto: KBRI Sofia)
Dubes RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta (keempat kanan) usai menyaksikan secara langsung penandatangan perjanjian kerja sama perdagangan alat kesehatan produk Indonesia. (Foto: KBRI Sofia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta memfasilitasi dan menyaksikan secara langsung penandatangan perjanjian kerja sama perdagangan alat kesehatan produk Indonesia antara PT Poly Jaya Medikal Indonesia dengan Association South East Regional Centre "Health" Bulgaria.

Hal tersebut dituangkan dalam valuasi kontrak senilai kurang lebih USD 2,5 juta untuk pembelian peralatan kesehatan seperti radiology, oxygen generator, hyperbaric, infant incubator, incinerator, dan hospital furnitures.

Penandatangan diwakili langsung oleh Direktur Utama PT Poly Jaya Medikal, Budi Setiawan dan dari Pihak Bulgaria Dr. Penko Penkov selaku Presiden Direktur/ownwer Association South East Regional Centre "Health" Bulgaria.

Dubes Iwan dalam kesempatan tersebut, menyambut baik kesepakatan antara kedua belah pihak dan sangat mengapresiasi terhadap produk peralatan kesehatan lokal buatan Indonesia yang sebentar lagi akan di ekspor ke Bulgaria dan diharapkan nantinya bisa masuk pasar Eropa.

"Saya mengharapkan dengan adanya perjanjian dagang ini, sudah saatnya produk nasional naik kelas mampu meramaikan pasar global melalui Bulgaria" ujar Dubes Iwan dalam keterangannya diterima Selasa (25/6/2024).

 

Dubes Iwan Bogananta (kanan) saat menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Poly Jaya Medikal dengan Association South Easti Regional Center Health Bulgaria. (Foto: Dok. KBRI Sofia)

Baca juga : Judol Meningkatkan Angka Kemiskinan Masyarakat

 

Direktur Operasional Poly Jaya Medikal, Yan Destian selaku juru bicara perusahaan menyampaikan terima kasihnya kepada KBRI Sofia, khususnya kepada Dubes RI yang telah memfasilitasi dan membuka peluang pasar bagi alat kesehatan Indonesia masuk Bulgaria.

Salah satu produk unggulan kami adalah peralatan radiology, oxygen generator, hyperbaric, infant incubator, incinerator dan hospital furnitures.

"Dari equipment yang mereka inginkan, insya Allah perusahaan kami mampu untuk memenuhi kebutuhan Bulgaria" ujar Yan Destian.

Dr. Penko Penkov selaku owner the Association South East Regional Centre Health Bulgaria, yang merupakan grup dari beberapa rumah sakit dan klinik kesehatan di Bulgaria, mengatakan bahwa barang yang di produksi PT Poly Jaya Medikal sangat akurat dan mampu bersaing dengan produk internasional lainnya.

"Saya sudah cek dan tes alat radiologinya, hyperbaric dan Incinerator juga, menarik. Demikian juga dengan alat lainnya, sangat memuaskan dan bersaing dengan perusahaan ternama dunia" ujar Dr. Petkov.

Baca juga : Pusat Pengajian Islam Universitas Nasional Gelar Ekopesantren Award 2024

Hospital Equipment yang dimiliki PT Poly Jaya Medikal produksi Indonesia ini untuk tahap awal nantinya akan digunakan untuk kebutuhan Rumah Sakit di Bulgaria.

Saat ini, the Association South East Regional Centre Health sedang membangun rumah sakit seluas 4 hektar di wilayah Sliven dan tidak hanya Bulgaria, grup rumah sakit tersebut juga ada di North Macedonia dan juga berkeinginan menjadi distributor untuk pasar Eropa.

Dalam kesempatan yang sama, Mr. Yanko Krastev salah satu perwakilan pemilik Castel ternama di Bulgaria "In Love With the Wind" juga telah melakukan kesepakatan dengan perusahaan furniture Indonesia.

"Kami akan bekerja sama untuk mengisi wooden furnitur untuk sekitar 300 kamar rumah sakit baru Bulgaria yang saat ini sedang tahap finishing,"  ucap Yanko.

Yanko mengaku sangat senang dengan furnitur Indonesia, 80 persen furnitur yang ada di castle seluruhnya asli buatan Jepara, Indonesia.

"Secara khusus kami mewakili Bulgaria sangat berterima kasih kepada Dubes Iwan Bogananta yang sangat agresif mempromosikan Indonesia di Bulgaria," ujar Yando.

Baca juga : PBNU: Dukung Palestina, Tapi Jangan Sampai Bakar Kedubes Dan Gaungkan Khilafah

Hadir dalam acara penandatanganan PT. POLY JAYA MEDIKAL, Muhammad Mushawwir Ardi (Komisaris), Budi Setiawan (Direktur Utama), Yul Agus Zulfikar (Direktur Teknik), Riza (Direktur Keuangan), Yan Destian (Direktur) Operasional, Umar Dani Sembiring (Manager Project).

Sekadar informasi PT Poly Jaya Medikal adalah salah satu perusahaan swasta nasional terkemuka yang memproduksi peralatan rumah sakit yang berdiri sejak tahun 2007.

Perusahaan ini memproduksi lebih dari 200 jenis peralatan sumah sakit yang didistribusikan seluruh Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.