Dark/Light Mode

Plt Kepala Perpusnas Sambangi Kedubes RI di Moskow

Kamis, 27 Juni 2024 22:13 WIB
Delegasi Perpusnas diterima Dubes RI untuk Rusia, Jose Antonio Morato Tavares (tengah), di KBRI Moskow, Kamis (27/6/2024). (Foto: Dok. Perpusnas)
Delegasi Perpusnas diterima Dubes RI untuk Rusia, Jose Antonio Morato Tavares (tengah), di KBRI Moskow, Kamis (27/6/2024). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Delegasi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang terdiri dari Plt Kepala Perpusnas E Aminudin Aziz, Sekretaris Utama Joko Santoso, Kepala Biro Hukum Organisasi, Kerja Sama dan Humas Sri Marganingsih, Ketua Sub Kelompok Kerja Sama Chaerul Umam mengunjungi Kebudataan Besar RI di Moskow, Kamis (27/6/2024), pagi. Kedatangan delegasi Perpusnas diterima langsung Dubes RI untuk Federasi Rusia, Jose Antonio Morato Tavares.

Dalam kunjungan ini, dilakukan diskusi berbagai hal. Diskusi dibuka seputar kondisi sosial politik di Rusia. Jose mengatakan, bahwa persepsi terhadap Rusia sebagai negara komunis atheis yang ada di sebagian kalangan masyarakat di Indonesia selama ini tidak benar. Sebab, Rusia saat ini sudah berkembang menjadi negara demokrasi yg membebaskan masyarakatnya berpolitik dan beragama.

Baca juga : Keren! 30 Pemuda Ethiopia Dibimbing Langsung Oleh Dubes RI Jadi Penulis Hebat

Oleh karena itu, Jose memandang inisiasi kerja sama Perpusnas dengan beberapa perpustakaan di Rusia sangat tepat. Jose mengapresiasi upaya tersebut.

Plt Kepala Perpusnas menyebut, kerja sama dengan Rusia merupakan upaya strategis dalam rangka mengembangkan jejaring kerja sama internasional Perpusnas. Salah satu tujuannya yaitu identifikasi dan pengumpulan naskah-naskah nusantara dan terbitan Indonesia di luar negeri.

Baca juga : PGN Pastikan Keamanan Penyaluran Gas Bumi Selama Libur Idul Adha

Langkah ini diambil melalui penandatanganan MoU dengan tiga perpustakaan yaitu Library for Foreign Literature dan Russian State Library di Moskow serta VV Mayakovsky Central Public Library di St. Petersburg.

Selain itu, Aminudin juga menyebut bahwa kunjungan ke Rusia kali ini juga dalam rangka mengikuti kegiatan UNESCO the II International High-Level Conference “The World Treasury of Native Languages: To Protect and Cherish” di St. Petersburg.

Baca juga : Prabowo Senapas Dengan Jokowi

Kunjungan delegasi ini kemudian diikuti dengan undangan makan siang bersama di KBRI serta acara penutupan kegiatan program pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) sore harinya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.