Dark/Light Mode

Kazakhstan Perangi Ekstremisme dengan Pendidikan Berkualitas

Sabtu, 30 November 2019 00:47 WIB
Duta Besar Daniyar Sarekenov (Foto Kartika Sari/RM)
Duta Besar Daniyar Sarekenov (Foto Kartika Sari/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kazakhstan punya jurus memerangi ekstremisme dengan menyediakan pendidikan berkualitas bagi anak bangsa. Fokus pada pendidikan bagian dari rencana Tokayev untuk melaksanakan modernisasi masyarakat. 

"Presiden Presiden Kassym-Jomart Tokayev berkata kurangnya pendidikan bisa berujung pada ekstrimisme,” kata Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia Daniyar Sarakenov, di Jakarta, Jumat (29/11).

Baca juga : Tutup Munas Federasi Serikat Pekerja Tekstil Cs, Andi Gani Tekankan Soliditas

Maka dari itu ia akan fokus membuat kebijakan agar lulusan sekolah punya akses ke sekolah vokasi atau pendidikan tinggi. Selain itu, anak-anak berbakat dari kalangan perkampungan juga akan diprioritaskan agar bisa kuliah hingga ke luar negeri.

Saat ini ada sekitar 21 ribu lulusan sekolah yang tak punya akses ke pendidikan vokasi atau pendidikan tinggi. "Presiden mencatat perlunya memilih anak-anak perkampungan yang berbakat dan menyiapkan mereka untuk institusi pendidikan tinggi di dalam negeri maupun luar negeri," ucap Sarakenov.

Baca juga : PLN Teken Kontrak 151 Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Papua

Terkait pendidikan berkualitas tak lepas dari upaya guru. Tokayev ingin menaikkan gaji guru 25 persen hingga empat tahun hingga menjadi 100 persen.

Rencana lainnya adalah menunjang keluarga dan menciptakan masyarakat yang inklusif. Ini termasuk memberikan perlindungan bagi korban kekerasan dan perhatian untuk 80 ribu anak-anak penyandang disabilitas.

Baca juga : Jokowi Tak Tergoda

Kazakhstan juga akan menunjang pembangunan infrastruktur olahraga bagi anak-anak. Tak hanya olahraga, dukungan bagi mereka yang bekerja di sektor seni dan budaya juga diberikan, yakni kenaikan gaji. Pada sektor kesehatan, per 1 Januari 2020, Kazakhstan akan mewajibkan asuransi kesehatan. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.