Dark/Light Mode

Korban Jiwa Akibat Virus Corona di China Sudah 1.665, Yang Sembuh 1.323

Minggu, 16 Februari 2020 10:26 WIB
Foto: SCMP
Foto: SCMP

RM.id  Rakyat Merdeka - Provinsi Hubei, China yang merupakan pusat penyebaran virus Corona atau Covid-19 melaporkan 139 angka kematian pada Minggu (16/2).

Provinsi itu juga melaporkan 1.843 kasus terinfeksi baru, yang mayoritas terjadi di ibu kota provinsi, Wuhan, dengan jumlah kasus 1.548.

Pasar basah di Wuhan yang menjual aneka seafood dan daging, ditengarai menjadi titik awal berjangkitnya virus pada akhir Desember 2019.

Tambahan 2.009 kasus baru yang dilaporkan Komisi Kesehatan Nasional China pada Sabtu (15/2), menempatkan total kasus terjangkit di negara tersebut berada di angka 68.500.

Baca juga : Tambah 2, Total Kasus Virus Corona di Malaysia Kini 21

Sedangkan 142 angka kematian baru, membuat total korban jiwa akibat virus Corona di Negeri Tirai Bambu menjadi 1.665.

Sementara jumlah pasien yang berhasil sembuh, mencapai 1.323 orang.

Secara total internasional, virus ini telah menginfeksi 69.165 orang di 29 negara, dan mengakibatkan 1.669 orang meninggal dunia, dengan angka kesembuhan 9.465.

Bukan Cuma Tugas Menteri Kesehatan

Baca juga : Semuanya Negatif Virus Corona, 238 WNI di Natuna Dipulangkan Hari Ini

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mendesak masyarakat internasional untuk mendukung upaya pemberantasan Covid-19.

"Ini bukan cuma tugas Menteri Kesehatan. Penuntasan wabah ini membutuhkan pendekatan pemerintah secara keseluruhan," ujar Kepala Badan Kesehatan Dunia, Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam pidatonya di Munich Security Conference, seperti dilansir South China Morning Post, Sabtu (15/2).

Tedros menambahkan, pendekatan ini harus koheren dan terkoordinasi. Berdasarkan pada bukti, dan memprioritaskan kesehatan masyarakat.

"China telah membeli waktu masyarakat dunia. Kami tidak tahu, sampai berapa lama. Di luar China, kami belum melihat transmisi komunitas yang meluas," kata Tedros.

Baca juga : Mesir Terjangkit, Virus Corona Sudah Sampai Afrika

Sampai Sabtu (15/2), kematian di luar China terjadi di empat negara: Hong Kong, Filipina, Jepang, dan Prancis dengan masing-masing satu korban jiwa. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.